eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

MediaTek Dimensity 9400 Diperkenalkan, SoC Flagship Super Kencang! Ini Keunggulannya

MediaTek Dimensity 9400 Diperkenalkan, SoC Flagship Super Kencang! Ini Keunggulannya - MediaTek secara resmi telah meluncurkan SoC (System on Chip) flagship terbarunya yang menawarkan performa kencang, yakni Dimensity 9400. Keunggulan chipset ini adalah performanya yang kencang dengan konfigurasi All Big Core generasi kedua yang menggunakan arsitektur mutakhir ARM v9.2.

Chipset Dimensity 9400 andalan MediaTek ini dibekali dengan GPU dan NPU tercanggih untuk performa ekstrem, tetapi konsumsi daya yang tetap efisien. Chipset flagship ini dirancang untuk mengoptimalkan aplikasi edge-AI, gaming yang imersif, fotografi yang memukai, dan banyak lagi. 

MediaTek Dimensity 9400 Diperkenalkan, SoC Flagship Super Kencang! Ini Keunggulannya


“MediaTek Dimensity 9400 akan terus memperkuat misi kami sebagai penggerak AI, mendukung aplikasi canggih sesuai kebutuhan pengguna dan beradaptasi dengan pilihan-pilihan mereka, sekaligus mendorong teknologi AI generatif dengan pelatihan LoRA di perangkat dan pembuatan video." 

“Sebagai cipset flagship generasi keempat, Dimensity 9400 terus membangun momentum dalam peningkatan pangsa pasar dan jejak MediaTek untuk menghadirkan performa andal dengan desain paling efisien demi pengalaman pengguna terbaik," kata kata Joe Chen, Presiden MediaTek.

Peningkatan Performa CPU dan Grafis Signifikan

Performa CPU MediaTek Dimensity 9400 ini meningkat signifikan dari pendahulunya dengan konfigurasi prosesor all big core generasi kedua octa-core terdiri dari single-core ARM Cortex-X925 3,63Ghz, triple-core ARM Cortex-X4 3,3GHz, dan quad-core ARM Cortex-A720 2,4GHz.

Baca juga:MediaTek Dimensity 7300 dan Dimensity 7300X Diluncurkan, Dukung Dual Display dan AI yang Powerful

MediaTek mengatakan bahwa konfigurasi prosesor di Dimensity 9400 ini menawarkan peningkatan IPC (Instruction Per Clock) hingga 15% dari generasi sebelumnya. Tak hanya itu, chipset anyar ini menawarkan peningkatan hingga 35% untuk single-core dan 28% untuk multi-core jika dibandingkan dengan Dimensity 9300 yang tak lain adalah pendahulunya.

Sedangkan sisi GPU (Graphics Processing Unit) atau grafis, Dimensity 9400 juga menawarkan peningkatan yang signifikan dari pendahulunya. Chipset ini dibekali dengan GPU ARM Immortalis-925 yang berlari dnegan kecepatan hingga 1.612Mhz. GPU baru ini menawarkan peningkatan performa raytracing hingga 40% dan performa puncak hingga 44% jika dibandingkan dengan Dimensity 9300.

Tak hanya itu, Dimensity 9400 mendukung MediaTek Frame Rate Converter demi gameplay yang lebih halus dan Arm Accurate Super Resolution (Arm ASR) untuk penghematan energi yang lebih besar, tapi tetap mempertahankan kualitas gambar yang mengesankan. 

Soal konsumsi daya, MediaTek Dimensity 9400 diklaim menawarkan konsumsi daya hingga 40 persen lebih hemat ketimbang sebelumnya. Hal ini tak lepas dari dukungan teknoogi fabrikasi 3nm dari TSMC. Konsumsi daya Soc yang hemat akan mendukung pengalaman masa pakai baterai yang lebih lama.

Performa AI yang Mengesankan

Tak hanya CPU dan GPU yang mengalami peningkatan signifikan, MediaTek Dimensity 9400 ini juga dibekali dengan kinerja AI yang mengesankan. SoC ini dibekali dengan NPU (Neural Processing Unit) generasi ke-8, yakni NPU 890. 

Chipset ini dibekali  pelatihan LoRA dan pembuatan video berkualitas tinggi di perangkat, serta mendukung pengembang AI Agentic. Untuk memungkinkan pengguna memanfaatkan aplikasi AI agentic dan generatif terbaru, Dimensity 9400 menawarkan model bahasa besar (LLM) hingga 80 persen lebih cepat, sekaligus 35 persen lebih hemat daya dibandingkan Dimensity 9300.

Dimensity 9400 juga mengintegrasikan Dimensity Agentic AI Engine (DAE) baru dari MediaTek, yang dirancang untuk mengubah aplikasi AI tradisional menjadi aplikasi AI agentik yang lebih canggih. 

MediaTek bekerja dengan pengembang untuk menawarkan antarmuka terpadu antara agen AI, APK pihak ketiga, dan model yang secara efisien menjalankan layanan AI edge dan cloud. Pendekatan ini memungkinkan model bekerja dengan berbagai APK pihak ketiga, sehingga menghemat waktu pengembangan, tentu saja akan membantu mendorong ekosistem baru aplikasi AI agentik.

Kualitas Video dan Foto Mumpuni

MediaTek Dimensity 9400 ini mampu menghasilkan kualitas foto dan video yang mumpuni dengan dukungan ISP MediaTek Imagiq 1090. ISP ini mendukung perekaman video HDR di seluruh rentang zoom sehingga pengguna dapat mengabadikan momen sempurna dari kejauhan; teknologi Smooth Zoom dari MediaTek memudahkan pengguna menangkap momen subjek bergerak. 

Selain itu, chipset ini juga dirancang untuk meminimalkan konsumsi energi saat pengguna mengambil foto dan video, menawarkan hemat konsumsi daya hingga 14 persen saat merekam video 4K60 dibandingkan Dimensity 9300.

MediaTek Dimensity 9400 Diperkenalkan, SoC Flagship Super Kencang! Ini Keunggulannya


Fitur Unggulan MediaTek Dimensity 9400

  • Modem 5G 3GPP Release-17 yang diperbarui dengan 4CC-CA dan kinerja hingga 7Gbps di frekuensi sub-6GHz.
  • Cip kombo Wi-Fi/Bluetooth 4nm baru dengan kinerja data hingga 7,3Gbps dan konsumsi daya hingga 50 persen lebih rendah dibandingkan generasi sebelumnya.
  • Dukungan Wi-Fi 7 tri-band MLO.
  • MediaTek Xtra Range™ 3.0 menawarkan jangkauan Wi-Fi hingga 30 meter lebih luas.
  • Dual SIM Dual Active 5G/4G merupakan kapabilitas dual data yang memberikan fleksibilitas bagi pengguna.
  • Dukungan ponsel cerdas lipat tiga, sehingga memberikan kebebasan kepada produsen ponsel cerdas merancang inovatif baru.

Anda mungkin suka:Prosesor AMD Ryzen AI 300 Series Meluncur, Unggulkan Performa Kencang dengan Kemampuan AI
0

Posting Komentar