eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

AMD Ryzen AI PRO 300 Series Diluncurkan, Prosesor Canggih untuk Laptop Bisnis

AMD Ryzen AI PRO 300 Series Diluncurkan, Prosesor Canggih untuk Laptop Bisnis - Setelah meluncurkan lini prosesor Ryzen AI 300 Series "Strix Point" untuk segmen konsumer, kini Advanced Micro Device atau AMD telah memperkenalkan Ryzen AI PRO 300 Series yang merupakan prosesor canggih untuk laptop kelas bisnis dan komersial. Ini merupakan prosesor mobile AI commercial generasi ketiga, yang dirancang khusus untuk mengubah produktivitas bisnis dengan fitur Copilot+. 

Prosesor AMD Ryzen AI PRO 300 Series generasi baru ini menawarkan kemampuan AI yang mumpuni. Performanya dalam menangani AI workload bahkan hingga tiga kali lipat dari generasi sebelumnya dan performa yang kencang untuk menangani beban kerja seharian. Prosesor ini didukung AMD PRO Technologies yang menawarkan fitur keamanan dan pengelolaan yang dirancang untuk menyederhanakan operasi TI.    

AMD Ryzen AI PRO 300 Series Diluncurkan, Prosesor Canggih untuk Laptop Bisnis


“Perusahaan semakin menuntut daya komputasi dan efisiensi yang lebih besar untuk menjalankan tugas sehari-hari dan beban kerja yang paling berat. Kami bangga menambahkan Ryzen AI PRO 300 Series, prosesor AI paling bertenaga yang dibuat untuk PC bisnis,, ke portofolio prosesor mobile kami,” kata Jack Huynh, senior vice president and general manager, Computing and Graphics Group, AMD. 

“Prosesor berkemampuan AI generasi ketiga kami untuk PC bisnis menghadirkan kemampuan pemrosesan AI yang tak tertandingi dengan daya tahan baterai yang luar biasa dan kompatibilitas yang mulus untuk aplikasi yang dapat diandalkan oleh pengguna.” 

Menggunakan Arsitektur Zen 5

Sama seperti Ryzen AI 300 series untuk segmen konsumer, Ryzen AI PRO 300 Series juga menggunakan arsitektur baru Zen 5. Beberapa perubahan signifikan yang ditawarkan Zen 5 antara lain adalah branch predictor baru yang telah ditingkatkan, serta dirancang untuk menawarkan akurasi, efisiensi, dan pengurangan latensi siklus instruksi secara keseluruhan. Selain itu, Zen 5 juga membawa throughput yang lebih tinggi dengan pipeline dan SIMD yang lebih luas, memungkinkan pemrosesan data lebih cepat dan setara dengan kinerja keseluruhan ini.

AMD juga membawa sejumlah peningkatan lain di arsitektur prosesor Zen 5 ini seperti peningkatan bandwidth memori dari L2 ke L1, instruksi out-of-order yang lebih mendalam, kinerja AI yang lebih baik, dan juga memperluas memperluas SIMD AVX-512 untuk memproses instruksi AVX-512 lebih cepat.

AMD Ryzen AI PRO 300 Series Diluncurkan, Prosesor Canggih untuk Laptop Bisnis


Sejumlah peningkatan dan perubahan arsitektur yang signifikan inilah yang membuat Zen 5 mampu memberikan peningkatan kinerja IPC (Instruction Per Clock) hingga 16% lebih cepat jika dibandingkan dengan Zen 4 generasi sebelumnya. AMD Ryzen AI 300 Series menghadirkan hingga 12 core “Zen 5” dengan 24 thread. Sedangkan generasi sebelumnya hanya mentok di octa-core dengan 16 thread.

Laptop yang dilengkapi dengan prosesor Ryzen AI PRO 300 Series dirancang untuk menangani beban kerja bisnis modern yang berat sekalipun. Varian tertingginya, Ryzen AI 9 HX PRO 375 teratas yang menawarkan performa hingga 40% lebih tinggi dan performa produktivitas hingga 14% lebih kencang  dibandingkan dengan Intel Core Ultra 7 165U. 

Prosesor AMD Ryzen AI PRO 300 Series dibekali dengan NPU terintegrasi yang menggunakan arsitektur canggih XDNA 2. Tak heran, NPU prosesor ini memiliki kinerja AI hingga 50+ TOPS (Trillions of Operations Per Second) dan telah melebihi melebihi persyaratan PC AI Copilot+ dari Microsoft. Prosesor ini menggunakan teknologi fabrikasi 4nm dan dengan manajemen daya yang inovatif, sehingga daya tahan baterai lebih lama untuk kinerja dan produktivitas saat bepergian.     

Baca juga:Prosesor AMD Ryzen AI 300 Series Meluncur, Unggulkan Performa Kencang dengan Kemampuan AI

Fitur AMD Ryzen AI PRO 300 Series

Sama seperti lini PRO generasi sebelumnya, AMD Ryzen AI PRO 300 Series ini juga dibekali dengan fitur keamanan canggih seperti AMD Secure Processor. Selain itu, juga tersedia fitur AMD Shadow Stack, dan AMD Platform Secure Boot, AMD telah memperluas jajaran PRO Technologies dengan fitur keamanan dan pengelolaan baru. 

Prosesor yang dilengkapi dengan PRO Technologies kini akan hadir sebagai standar dengan Cloud Bare Metal Recovery, yang memungkinkan tim TI memulihkan sistem melalui cloud dengan lancar untuk memastikan kelancaran dan keberlanjutan operasi; Supply Chain Security (AMD Device Identity), fungsi keamanan rantai pasokan baru, yang memungkinkan keterlacakan di seluruh rantai pasokan; dan Watch Dog Timer, yang dibangun berdasarkan dukungan ketahanan yang ada dengan proses deteksi dan pemulihan tambahan.       

Deteksi malware berbasis AI tambahan tersedia melalui PRO Technologies dengan mitra ISV tertentu. Fitur keamanan baru ini memanfaatkan NPU terintegrasi untuk menjalankan beban kerja keamanan berbasis AI tanpa memengaruhi kinerja harian.   

SKU Varian AMD Ryzen AI PRO 300 Series

AMD Ryzen AI PRO 300 Series Diluncurkan, Prosesor Canggih untuk Laptop Bisnis


AMD Ryzen AI 9 HX PRO 375

  • Cores / Threads 12C/24T
  • Boost/Base Frequency Up to 5.1 GHz / 2 GHz
  • Total Cache 36MB
  • NPU Ryzen AI hingga 55 TOPS
  • GPU AMD Radeon 890M 16 CU
  • TDP 15W - 54W

AMD Ryzen AI 9 HX PRO 370

  • Cores / Threads 12C/24T
  • Boost/Base Frequency Up to 5.1 GHz / 2 GHz
  • Total Cache 36MB
  • NPU Ryzen AI hingga 50 TOPS
  • GPU AMD Radeon 890M 16 CU
  • TDP 15W - 54W

AMD Ryzen AI 9 PRO 360

  • Cores / Threads 8C/16T
  • Boost/Base Frequency Up to 5 GHz / 2 GHz
  • Total Cache 26MB
  • NPU Ryzen AI hingga 50 TOPS
  • GPU AMD Radeon 880M 12 CU
  • TDP 15W - 54W

Anda mungkin suka:Review Asus ROG Strix SCAR 17 G733PY, Laptop Gaming Paling Gahar Bertenaga Ryzen 9 7945HX
0

Posting Komentar