eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

AMD EPYC 9005 Series Turin Generasi Kelima Diluncurkan, Apa Saja Keunggulannya?

AMD EPYC 9005 Series Turin Generasi Kelima Diluncurkan, Apa Saja Keunggulannya? -  Advanced Micro Device atau AMD telah resmi meluncurkan prosesor server generas terbarunya, yakni AMD EPYC 9005 series atau EPYC generasi kelima yang menggunakan nama sandi Turin. Proosesor server AMD EPYC 9005 ini menggunakan arsitektur baru Zen 5 dan dirancang khusus untuk perusahaan, AI (Artificial Intelligence), server, dan cloud.

“Dari memberi daya pada supercomputer tercepat di dunia, hingga perusahaan terkemuka, hingga Hyperscaler terbesar, AMD telah mendapatkan kepercayaan dari pelanggan yang menghargai kinerja, inovasi, dan efisiensi energi yang telah terbukti,” kata Dan McNamara, senior vice president and general manager, server business, AMD. 

AMD EPYC 9005 Series Turin Generasi Kelima Diluncurkan, Apa Saja Keunggulannya?


“Dengan lima generasi eksekusi peta jalan tepat waktu, AMD telah membuktikan bahwa ia dapat memenuhi kebutuhan pasar pusat data dan memberikan pelanggan standar untuk kinerja, efisiensi, solusi, dan kemampuan data center untuk beban kerja cloud, perusahaan, dan AI.”

Hal yang menarik dari prosesor server canggih AMD EPYC 9005 ini berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah menggunakan aritektur Zen 5 yang menawarkan peningkatan performa signifikan. Prosesor ini kompatibel dengan platform SP5 yang digunakan secara luas dan menawarkan berbagai jumlah core mulai dari 8 hingga 192, prosesor AMD EPYC 9005 Series memperluas kinerja yang memecahkan rekor efisiensi energi dari generasi sebelumnya.

Ada juga seri baru alam keluarga AMD EPYC 9005 series, yakni EPYC 9575F 64 core yang dibuat khusus untuk solusi AI bertenaga GPU yang membutuhkan kemampuan CPU host yang mumpuni. Prosesor ini menawaekan peningkatan clockspeed hingga 5GHz, sehingga prosesor ini menyediakan pemrosesan hingga 28% lebih kencang yang diperlukan untuk menjaga GPU tetap terisi data untuk beban kerja AI yang intensif. Bandigkan pesaingnya yang hanya mencapai 3,8Ghz.

Baca juga:AMD Luncurkan Ryzen 9000 Series untuk Desktop dengan Arsitektur Zen 5 di Computex 2024

Dirancang untuk Server, AI, dan Cloud

Data center modern menjalankan berbagai beban kerja, mulai dari mendukung inisiatif pemberdayaan AI perusahaan, hingga mendukung infrastruktur berbasis cloud berskala besar untuk menghosting aplikasi penting bagi bisnis yang paling menuntut. Prosesor AMD EPYC 9005 Series Generasi Kelima yang baru memberikan kinerja dan kemampuan terdepan untuk spektrum luas beban kerja server yang mendorong TI bisnis saat ini.  

Arsitektur core Zen 5 yang baru, menyediakan instruksi per clock (IPC) hingga 17% lebih baik untuk beban kerja perusahaan dan cloud serta IPC hingga 37% lebih tinggi dalam AI dan komputasi kinerja tinggi (HPC) dibandingkan dengan generasi sebelumnya yang menggunakan Zen 4.

Perbandingan dengan Kompetitor

Dengan server berbasis prosesor AMD EPYC 9965, pelanggan dapat mengharapkan dampak signifikan pada aplikasi dan beban kerja dunia nyata mereka dibandingkan dengan server berbasis CPU Intel Xeon 8592+, dengan:  

  • Waktu hingga 4X lebih cepat untuk mendapatkan hasil pada aplikasi bisnis seperti transcoding video.
  • Waktu hingga 3,9X lebih cepat untuk mendapatkan wawasan untuk aplikasi sains dan HPC yang memecahkan masalah paling menantang di dunia. 
  • Performa per core hingga 1,6X lebih cepat dalam infrastruktur tervirtualisasi. 

Selain kinerja dan efisiensi kepemimpinan dalam beban kerja umum, prosesor AMD EPYC Generasi Kelima memungkinkan pelanggan untuk mendorong waktu yang cepat untuk mendapatkan wawasan dan penerapan untuk penerapan AI, baik mereka menjalankan CPU atau solusi CPU + GPU. Dibandingkan dengan pesaing:

  • CPU AMD EPYC 9965 dengan 192 core memiliki kinerja hingga 3,7X lebih baik pada beban kerja AI menyeluruh, seperti TPCx-AI (turunan), yang sangat penting untuk mendorong pendekatan yang efisien terhadap AI generatif. 
  • Dalam model AI generatif kelas perusahaan skala kecil dan menengah, seperti Llama 3.1-8B dari Meta, EPYC 9965 memberikan kinerja throughput 1,9X lebih baik dibandingkan dengan pesaing. 
  • Terakhir, CPU node host AI yang dibuat khusus, EPYC 9575F, dapat menggunakan peningkatan frekuensi maksimum 5GHz untuk membantu kluster AI dengan 1.000 node menghasilkan hingga 700.000 token inferensi lebih banyak per detik. Menyelesaikan lebih banyak hal dengan lebih cepat. 

Dengan melakukan modernisasi ke data center yang didukung oleh prosesor baru ini untuk mencapai 391.000 unit kinerja komputasi tujuan umum SPECrate®2017_int_base, pelanggan menerima kinerja yang mengesankan untuk berbagai beban kerja, sekaligus memperoleh kemampuan untuk menggunakan daya yang diperkirakan 71% lebih sedikit dan server yang sekitar 87% lebih sedikit. 

Hal ini memberi CIO fleksibilitas untuk memanfaatkan penghematan ruang dan daya atau menambah kinerja untuk tugas TI sehari-hari sekaligus memberikan kinerja AI yang mengesankan.  

Fitur Unggulan AMD EPYC 9005 Series Generasi Kelima

Seluruh jajaran prosesor AMD EPYC Generasi Kelima tersedia saat ini, dengan dukungan dari Cisco, Dell, Hewlett Packard Enterprise, Lenovo, dan Supermicro serta semua ODM dan penyedia layanan cloud utama yang menyediakan jalur pemutakhiran sederhana bagi organisasi yang mencari kepemimpinan komputasi dan AI.    

Fitur tingkat tinggi dari CPU seri AMD EPYC 9005 meliputi:    

  • Opsi jumlah inti yang unggul dari 8 hingga 192, per CPU  U
  • Arsitektur core Zen 5 dan Zen 5c    
  • 12 saluran memori DDR5 per CPU
  • Dukungan hingga DDR5-6400 MT/s
  • Frekuensi peningkatan yang unggul hingga 5GHz
  • AVX-512 dengan jalur data 512b penuh   
  • I/O Tepercaya untuk Komputasi Rahasia, dan sertifikasi FIPS sedang dalam proses untuk setiap bagian dalam seri ini    

Varian dan SKU AMD EPYC 9005 Series Generasi Kelima

AMD EPYC 9005 Series Turin Generasi Kelima Diluncurkan, Apa Saja Keunggulannya?

Anda mungkin suka:Review Xiaomi 13T, Masih Layak Pilih di 2024?
Posting Komentar

Posting Komentar