eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Ini 3 Keunggulan Pemrosesan AI di Perangkat Lokal Menurut MSI

Ini 3 Keunggulan Pemrosesan AI di Perangkat Lokal Menurut MSI - Seiring dengan perkembangan AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan, AI semakin menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari dan berdampak pada segala hal, mulai dari kueri penelusuran, kreasi digital hingga gaming.

Bayangkan sebuah dunia di mana laptop bukan hanya sebuah mesin, tetapi juga mitra yang tangguh yang dapat mengantisipasi kebutuhan pengguna, merampingkan alur kerja, dan bahkan membuka potensi kreatif yang tersembunyi. Laptop AI menjadi semakin mudah diakses oleh konsumen di seluruh dunia, dan tahun 2024 akan menjadi tahun terobosannya.

Ini 3 Keunggulan Pemrosesan AI di Perangkat Lokal Menurut MSI


Pemrosesan AI di Perangkat Lokal

Aplikasi berbasis AI semakin populer, mulai dari software pengeditan gambar yang cerdas hingga asisten suara yang dapat menerjemahkan bahasa secara real-time. Namun, kemajuan ini sering kali bergantung pada pemrosesan cloud, yang menyebabkan kelambatan yang membuat frustasi dan yang lebih penting lagi, masalah keamanan.

“Pertumbuhan layanan dan aplikasi AI sangat menarik karena bergeser dari model berbasis cloud murni ke pendekatan 'cloud-plus-edge'. Ini berarti kekuatan pemrosesan tidak hanya terkonsentrasi di pusat data yang sangat besar; kekuatan pemrosesan semakin berpindah ke tepi jaringan - dalam hal ini laptop," kata kata Derek Chen, Vice President of Global Business and Marketing of MSI laptops.

3 Keuntungan Pemrosesan AI di Perangkat Lokal

Mengurangi Latensi

Dengan memproses data secara lokal, aplikasi AI pada laptop pengguna mengalami jeda yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan hanya mengandalkan cloud. Hal ini sangat penting untuk tugas-tugas real-time seperti pengenalan wajah atau terjemahan suara.

Kecepatan Lebih Tinggi 

Tidak perlu lagi menunggu informasi bolak-balik dari cloud. Edge AI memungkinkan penghitungan yang lebih cepat dan kinerja yang lebih cepat secara keseluruhan. Misalnya, “MSI AI Artist” dari MSI, yang dirancang khusus untuk pembuatan gambar yang digerakkan oleh AI, memproses semua perhitungan langsung di laptop. 

Hal ini menghasilkan kecepatan pembuatan gambar hingga tujuh kali lebih cepat daripada pemrosesan berbasis cloud tradisional.

Masalah Keamanan dan Privasi

Data sensitif tetap berada di perangkat Anda, sehingga meminimalkan risiko pelanggaran keamanan yang dapat terjadi selama transmisi cloud.

“Layanan dan aplikasi AI bergeser ke tepi jaringan - langsung ke laptop Anda,” tambah Derek Chen.

Pengguna tidak hanya akan merasakan kinerja yang lebih cepat tetapi juga waktu penggunaan yang lebih lama. Dilengkapi dengan unit komputasi khusus untuk AI, laptop bertenaga AI secara signifikan mengurangi konsumsi daya. 

Misalnya, laptop MSI bertenaga AI mengkonsumsi daya yang sangat sedikit ketika menjalankan fungsi blur latar belakang yang umum digunakan dalam konferensi video. Efisiensi memungkinkan daya tahan baterai yang lebih lama.

Tren ini terbukti dengan meroketnya permintaan untuk tampilan interface AI secara langsung pada perangkat klien seperti laptop. Faktanya, hal ini telah menyebabkan perluasan aplikasi AI yang cepat pada komputer, dengan jumlah yang berlipat ganda dengan cepat. 

Perusahaan seperti Microsoft, Intel, Adobe (dan masih banyak lagi) secara aktif mengintegrasikan AI ke dalam aplikasi yang sudah ada, menyadari adanya pergeseran perilaku pengguna dan kebutuhan akan kemampuan AI yang kuat di ujung jari pengguna. 

Intel memperkirakan bahwa dalam waktu dekat, lebih dari 60% software dan fitur baru akan digerakkan oleh AI. Sebagai contoh, lebih dari 500 aplikasi AI telah dioptimalkan untuk prosesor Lunar Lake terbaru dari Intel.

Anda mungkin suka:Harga Beda Tipis, Mending Realme 13 atau Realme C65? Ini Pemenangnya...
Posting Komentar

Posting Komentar