eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Realme Buds T300, TWS ANC Murah dengan Kualitas Suara Mantap

Review Realme Buds T300, TWS ANC Murah dengan Kualitas Suara Mantap - Headset TWS (True Wireless Stereo) dengan fitur ANC adalah pilihan tepat bagi pengguna yang ingin menikmati musik atau konten multimedia tanpa terganggu suara berisik sekitarnya. Salah satu TWS dengan fitur ANC dengan harga terjangkau adalah Realme Buds T300. Pabrikan asal Tiongkok mengklaim TWS ANC murah andalannya ini mampu mengurangi kebisingan hingga 30dB.

Tak hanya kemampuan ANC-nya yang menonjol, Realme Buds T300 ini juga memiliki kualitas suara yang mantap dan fitur lengkap. Realme menjanjikan suara bass yang kuat tanpa mengorbankan detail dan kejernihan di T300 ini dengan dukungan driver dinamis berukuran 12,4mm. Lalu apakah TWS ANC murah besutan Realme ini layak beli di 2024? Simak review Realme Buds T300 oleh tim Laptophia kali ini!

Review Realme Buds T300, TWS ANC Murah dengan Kualitas Suara Mantap


Paket Pembelian Realme Buds T300

Paket Pembelian Realme Buds T300

  • Unit TWS Realme Buds T300
  • Eartips (S, M, dan L)
  • Kabel USB Type-C
  • Manual dan kartu garansi

Desain Realme Buds T300

Desain Realme Buds T300

Desain Realme Buds T300

TWS ANC terjangkau Realme Buds T300 ini tersedia dalam dua varian warna, yakni Youth White dan Stylish Black. Unit yang Laptophia ulas adalah warna Youth White yang terlihat cukup mewah dan menawan. Desain charging case T300 ini mirip dengan Realme Buds T100 dengan bentuk oval dengan balutan material plastik yang menggunakan finishing glossy. Bedanya, bentuk charging case Realme Buds T300 ini sedikit mengotak.

Finishing glossy pada charging case-nya memang terkesan lebih mewah, tetapi mudah meninggalkan goresan dan permukaannya cukup licin. Ukuran case-nya terbilang mungil dan mudah dimasukkan saku atau dibawa-bawa. Saat engsel dibuka, Realme Buds T300, feelnya terasa cukup kuat dan sama sekali tak terkesan ringkih.

Sedangkan untuk desain earbud, Realme Buds T300 ini mengusung tipe in-ear atau masuk ke dalam telinga. Bentuknya mirip dengan Realme Buds Air 5 yang sekilas terinspirasi dari AirPods Pro. Sama dengan case-nya, unit earbud ini juga menggunakan casing berbahan polikarbonat dengan finishing glossy. 

Review Realme Buds T300, TWS ANC Murah dengan Kualitas Suara Mantap

Review Realme Buds T300, TWS ANC Murah dengan Kualitas Suara Mantap

Review Realme Buds T300, TWS ANC Murah dengan Kualitas Suara Mantap

Tampilan case Realme Buds T300 ini terlihat minimalis dengan logo Realme dan LED indikator pada bagian depan. Sementara pada sisi bawah terdapat ada port USB Type-C untuk mengisi daya dan di sisi belakangnya tidak terdapat tombol atau port apapun.

Baca juga:Review Monster XKT02, TWS Terjangkau dengan Suara Bertenaga

Video Unboxing Realme Buds T300


Kontrol Realme Buds T300

Realme Buds T300 menggunakan kontrol sentuh pada bagian belakang earbud-nya. Berikut ini adalah daftar kontrol pada headset TWS ANC dengan harga terjangkau yang telah Laptophia himpun:

  • Sentuh dua kali pada earbud kanan atau kiri untuk play/pause dan menjawab telepon
  • Sentuh tiga kali pada earbud kiri atau kanan untuk next track
  • Sentuh dan tahan dua detik pada salah satu earbud untuk berganti mode (ANC, Normal atau Tranparancy) atau untuk menolak telepon
Performa kontrol sentuh di headset wireless ini cukup sensitif dan responsif. Pengguna dapat melakukan kostumisasi pengaturan kontrol sentuh melalui aplikasi Realme Link.

Review Realme Buds T300

Review Realme Buds T300

ANC adalah fitur yang awalnya hanya dimiliki oleh TWS atau headset kelas menengah atas. Kini fitur tersebut mulai 'diobral' sebagai fitur andalan TWS dengan harga terjangkau, salah satunya Realme Buds T300. Harganya yang terjangkau bukan berarti performa ANC-nya abal-abal.

Kualitas Suara

Sama seperti Realme Buds Air 5 yang harganya lebih mahal, TWS Realme Buds T300 ini juga diperkuat dengan sebuah driver dinamis berukuran 12,4mm Titanizing Driver. Tak heran, TWS ini volume suara yang dihasilkan sudah cukup nyaring meski dengan volume hanya 40 - 50% saja.

Karakteristik suara yang dihasilkan seri T300 ini mirip dengan TWS Realme yang lebih mahal, yakni mampu menghasilkan dentuman bass yang kuat, melimpah, dan cukup responsif. Laptophia memainkan lagu lagu Confusion milik Metallica, dentuman bass-nya kuat dan kuantitasnya melimpah. Sedangkan di lagu Ov Fire And The Void milik Behemoth dengan dobel kick drum yang ngebut, T300 masih mampu menanganinya.

Suara vokal yang dihasilkanj TWS ANC murah ini cukup menarik, meski cenderung agak lembut. Memainkan lagu yang penuh vokal scream dan growl seperti Beast of Man milik Arch Enemy, terasa kurang garang karena terkesan agak lebih dan kurang bertekstur. Sebaliknya, suara vokal wanita yang melengking seperti lagu I Walk Alone milik Tarja Turunen terdengar merdu dan lebih menarik.

Bagi penggemar musik berkarakter bright yang menonjolkan detail treble, Realme Buds T300 mungkin bukan pilihan yang tepat. Karakteristik treble yang dihasilkan cenderung lembut dan terasa kurang berani. 

Dari segi teknikalitas, TWS ini jelas di bawah Realme Buds Air 5 yang lebih mahal. Separasa antar instrumen cukup standar dan akan kewalahan ketika memainkan lagu dengan instrumen rumit. Sound stage-nya pun tak terlalu luas. Ini sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Aplikasi Realme Link

Aplikasi Realme Link

Fitur Realme Buds T300 dapat diakses dengan mudah dengan bantuan aplikasi Realme Link. Laptophia dapat mengubah mode noise control yang meliputi Noise Cancellation, Off (Normal), dan Transparency. Selain itu, pengguna dapat memantau status baterai Realme Buds T300 melalui aplikasi ini. 

Bagi yang kurang puas dengan karakter suara default dari TWS ANC murah besutan Realme ini, dapat melakukan tuning melalui fasilitas Sound Effect yang di dalamnya terdapat empat mode preset (Clear Vocals, Nature Balance, Clear Bass, dan Bass Boost) dan equalizer yang bisa di-customize sesuai selera.

Selain itu, kita juga dapat mengatur fungsi kontrol sentuh dan mengaktifkan game mode di Realme Buds T300. TWS ini juga menyediakan fitur Spatial Audio yang mampu meningkatkan kualitas suara secara umum. Sayangnya, fitur dual connection maupun Google Fast Pair absen di TWS headset ini.

Kualitas Telepon & Delay

Pengalaman panggilan suara menggunakan TWS andalan Realme ini cukup baik. Suara tim Laptophia maunpun lawan bicara terdengar jelas dan tidak ada delay yang signifikan dengan kondisi sinyal yang baik. Saat menikmati konten multimedia, kualitas suaranya cukup imersif dan tidak terasa ada delay yang mengganggu.

Sedangkan untuk gaming, Laptophia menjajal bermain game Genshin Impact dan TWS Realme Buds T300 ini mampu memberikan kualitas suara yang baik. Delay kadang cukup terasa, terutama saat battle. Mengaktifkan mode gaming cukup membantu mengurangi delay.

Kenyamanan & Kompatibilitas

Selama sebulan lebih tim Laptophia menggunakan TWS Realme Buds T300 ini sebagai daily driver. Desain earbuds-nya cukup ergonomis, sehingga nyaman di telinga meski digunakan dalam waktu lebih dari dua jam non stop.

Sisi kompatibilitas, TWS ANC murah andalan Realme ini cukup baik. Laptophia menggunakan smartphone Vivo V27 5G dan Xiaomi 13T sebagai platform pengujian. Headset Realme Buds T300 ini dapat bekerja dengan sempurna dan tak ada masalah kompatibilitas. Tentunya perlu instalasi aplikasi Realme Link untuk dapat memaksimalkan fitur yang dimiliki TWS ini.

Baca juga:Review Oraimo FreePods 4: TWS dengan Fitur ANC Termurah

Performa ANC

Review Realme Buds T300, TWS ANC Murah dengan Kualitas Suara Mantap

Bagaimana performa Active Noise Cancellation (ANC) di headset TWS terjangkau Realme Buds T300 ini? Agak mengejutkan tim Laptophia, performa ANC di headset TWS ini ternyata cukup baik dalam mengurangi suara berisik atau noise sekitar. 

Saat ANC diaktifkan, suara berisik sekitar jauh berkurang. Kebetulan depan markas Laptophia ada bengkel las yang cukup berisik, kinerja ANC Realme Buds T300 yang mencapai 30dB ini efektif mengurangi suara berisik mesin, meski sebenarnya masih terdengar. Kemampuannya memang tak sehebar Realme Buds Air 5 yang Laptophia ulas sebelumnya.

Baterai

Kapasitas baterai Realme Buds T300 ini sama seperti seri Buds Air 5 yang Laptophia ulas lebih dulu, yakni 43mAh untuk setiap earbud dan 460mAh untuk charging case-nya. Daya tahan baterainya diklaim hingga 8 jam sekali charge dan total 40 jam dengan charging case-nya.

Berdasarkan hasil pengujian yang Laptophia lakukan, Realme Buds T300 ini bertahan hampir 5 jam saja menggunakan codec AAC dengan volume rata-rata 40% - 50% dengan ANC aktif. Saat mode ANC dinonaktifkan, baterai bisa bertahan hingga 6 jam lebih. Ini tak jauh dari klaim Realme.

Kesimpulan

Secara umum, Realme Buds T300 ini dapat menjadi pilihan bagi konsumen yang membutuhkan headset TWS yang sudah dibekali fitur ANC yang performanya cukup baik dengan harga yang terjangkau. Kualitas suara yang dihasilkan cukup mantap dengan karakter bass yang kuat dan responsif. Kekurangan TWS ini hanya fiturnya yang mungkin kurang lengkap.

Kelebihan Realme Buds T300

  • Kualitas suara mantap
  • Performa ANC baik di kelasnya
  • Harga terjangkau

Kekurangan Realme Buds T300

  • Tidak dilengkapi fitur wear detection
  • Tidak dilengkapi Google Fast Pair

Harga Realme Buds T300

Harga Realme Buds T300 terbaru berdasarkan informasi yang Laptophia himpun saat artikel ini ditulis adalah Rp 399.000. TWS ini layak dipertimbangkan bagi pengguna yang membutuhkan fitur ANC dengan harga yang terjangkau.

Anda dapat cek harga terbaru TWS Realme Buds T300 di Shopee (Klik) atau di BliBli (Klik)

Spesifikasi Realme Buds T300

  • Merk Realme
  • Model: T300
  • Jenis headset: In-Ear TWS
  • Chipset BES IHC
  • Tipe driver 12,4 mm dynamic bass driver (Titanized Diapraghm)
  • Speaker Impedansi: 32 Ohm
  • Sensitivitas 113.6dB±2dB
  • 30dB Active Noise Cancellation
  • Rentang frekuensi: 20 Hz – 20 kHz
  • Versi Bluetooth 5.3
  • Bluetooth protocol HFP, SPP, dan A2DP
  • Dukungan codec SBC dan AAC
  • Sensitivitas microphone -38dB±1dB
  • Input maksimal 130mA
  • Waterproofing: IPX5
  • Charging port USB Type-C
  • Baterai Earbuds: 43 mAh; Charging case: 460 mAh
  • Berat Earbud: 4.1 gram; With charging case: 40 gram
  • Dimensi Earbud: 30.8 x 20 x 24 mm; Charging case: 68.1 × 50.8 × 23.8 mm
  • Warna Youth White dan Stylish Black
*review ini menggunakan unit yang dibeli sendiri oleh tim Laptophia, bukan sponsor/seeding
Anda mungkin suka:Review Monster XKT12, TWS Unik dengan Kualitas Suara Baik
Posting Komentar

Posting Komentar