eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Prosesor Panther Lake dan Clearwater Forest Dikonfirmasi, Gunakan Intel 18A

Prosesor Panther Lake dan Clearwater Forest Dikonfirmasi, Gunakan Intel 18A - Intel telah mengonfirmasi kehadiran prosesor mobile masa depan yang menggunakan nama sandi Panther Lake dan prosesor server dengan nama sandi Clearwater Forest. 

Kedua prosesor canggih ini dipastikan akan menggunakan teknologi fabrikasi Intel 18A atau 1.8nm. Selain itu, tersebut kini telah berhasil dinyalakan dan di-boot ke dalam sistem operasi, sebuah tonggak penting dalam pengembangan chip.

Prosesor Panther Lake dan Clearwater Forest Dikonfirmasi, Gunakan Intel 18A
Wafer Intel 18A (credit: Intel)


Prosesor Panther Lake ini merupakan penersu dari Intel Lunar Lake yang diancang khusus untuk segmen mobile atau laptop. Seperti informasi yang beredar sebelumnya, Intel Lunar Lake menggunakan teknologi TSMC N3B.

Informasi dari VideoCardz, Intel Panther Lake akan menawarkan hingga 16-core prosesor yang ditandemkan dengan 12-core Intel Xe3 GPU. Belum ada informasi apakah Panther Lake ini akan tersedia juga di segmen desktop atau tidak.

Sedangkan Clearwater Forest adalah prosesor Xeon generasi beru yang dirancang untuk server dan data center. Ini merupakan penerus dari Sierra Forest yang tak lama lagi akan dirilis ke pasar. 

Panther Lake dan Clearwater Forest juga akan menjadi produk pertama yang tersedia di pasaran yang menawarkan pengiriman daya dari sisi belakang. Produk ini memungkinkan desainer untuk menyalurkan daya dari belakang wafer, sehingga kepadatan logika di bagian depan lebih tinggi, sekaligus meningkatkan efisiensi daya.

Source: NotebookCheck, VideoCardz

Anda mungkin suka:Review Asus ROG Strix SCAR 17 G733PY, Laptop Gaming Paling Gahar Bertenaga Ryzen 9 7945HX
0

Posting Komentar