eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Micron Perkenalkan SSD PCIe 6.0 Pertama di Dunia, Tawarkan Kecepatan Hingga 26 GB/s!

Micron Perkenalkan SSD PCIe 6.0 Pertama di Dunia, Tawarkan Kecepatan Hingga 26 GB/s! - Micron belum lama ini telah memamerkan media penyimpanan SSD (Solid State Drive) dengan standar antarmuka PCIe 6.0 pertama di dunia di ajang Flash Memory Summit (FMS) 2024 yang digelar di Santa Clara, California, Amerika Serikat. Hal yang mengejutkan adalah, SSD PCIe 6.0 mampu menawarkan kecepatan transfer rate hingga 26 GB/s!

Kecepatan transfer rate yang ditawarkan SSD PCIe 6.0 ini cukup mengesankan dan bisa dikatakan dua kali lipat lebih kencang dari SSD dengan standar PCIe 5.0 12,4 GB/s. Sedangkan kebanyakan SSD yang beredar di pasaran saat ini masih menggunakan standar PCIe 4.0 dengan transfer rate rata-rata 7 GB/s.

Micron Perkenalkan SSD PCIe 6.0 Pertama di Dunia, Tawarkan Kecepatan Hingga 26 GB/s!


Micron melalui presentasi yang berjudul “Data is at the heart of AI: Micron memory and storage are fueling the AI revolution", SSD ini akan dirilis untuk partner data center dan aplikasi edge yang membutuhkan SSD dengan performa tinggi untuk AI processing.

Presentasi dari Micron tersebut mengatakan bahwa SSD PCIe 6.0 ini mampu menghadirkan kecepatan sequential read leboh dari 26 GB/s. Sedangkan SSD PCIe 5.0 tercepat saat ini hanya mampu mencetak angka 14,5 GB/s. 

Namun, SSD PCIe 6.0 yang dirilis ke pasaran biasanya tidak selalu menawarkan kecepatan setinggi ini. Sebagai contoh, rata-rata SSD PCIe 5.0 hanya mencapai 10 GB/s, di bawah kecepatan maksimalnya yang mencapai 14 GB/s.

Banyak yang berharap SSD PCIe 6.0 tidak membutuhkan solusi pendinginan yang rumit untuk mendapatkan performa tinggi. Sebagai perbandingan, SSD PCIe 5.0 membutuhkan pendinginan yang cukup besar dan powerful untuk mendinginkan modul kontroler yang ternyata menghasilkan panas tinggi.

Belum ada informasi mengenai kapan SSD dengan standar PCIe 6.0 ini akan tersedia di pasar konsumen. Biasanya butuh waktu hingga setahun untuk tersedia di pasar laptop maupun desktop kelas konsumer.

Source: NotebookCheck, Micron

Anda mungkin suka:Laptop Kencang untuk Penggemar JKT48, Axioo Hype 5 AMD X5 Bertenaga Ryzen 5 5500U
0

Posting Komentar