eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Ini Alasan Mengapa Engagement Rate Penting untuk Influencer dan KOL

Ini Alasan Mengapa Engagement Rate Penting untuk Influencer dan KOL - Influencer atau KOL (Key Opinion Leader) menjadi salah satu profesi yang yang populer dan lahir dari tren arus informasi yang masif melalui internet dan sosial media saat ini. Banyak generasi mudah yang menyukai profesio Influencer atau kreator konten untuk menyalurkan passion-nya.

Influencer atau KOL sendiri bisa dikatakan seseorang yang memiliki pengaruh besar untuk mengubah perilaku atau opini audiens melalui konten yang dibuat di berbagai platform, bisa sosial media seperti Instagram, TikTok, YouTube atau berbasis web seperti blog. Jumlah follower biasanya menjadi salah satu tolok ukur seberapa besar pengaruh seorang influencer. Namun sebenarnya tak hanya jumlah follower dan subscriber saja, engagement juga menjadi salah satu faktor penting seberapa jauh pengaruh sang influencer.

Ini Alasan Mengapa Engagement Rate Penting untuk Influencer dan KOL


Apa itu Engagement?

Lalu apa sih sebenarnya engagement atau keterlibatan pengguna? Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, engagement bisa dikatakan sebagai sebuah interaksi, komunikasi dua dua arah, dan juga tanggapan atau feedback dari audiens terhadap sebuah konten yang dibuat oleh influencer atau KOL di sosial media. 

Contoh engagement sendiri bisa berupa Like atau Suka dari follower atau audiens, komentar, percakapan atau pembahasan antar audiens atau antar audiens dan creator di sebuah konten. Selain itu, share atau audiens yang membagikan sebuah konten juga merupakan salah satu bentuk engagement atau interaksi.

Berdasarkan contoh di atas, engagement ini menjadi salah satu tolok ukur pengaruh sebuah konten terhadap audiens. Sebuah konten yang menarik atau unik, mungkin akan mengundang audiens untuk sekadar Like atau komentar. Sedangkan konten yang mungkin kurang sesuai atau kurang bagus konsepnya membuat audiens enggan berinteraksi.

Alasan Mengapa Engagement Penting untuk Influencer atau KOL

Selain jumlah follower atau subscriber, engagement menjadi salah satu hal yang penting bagi influencer atau KOL. Berikut ini beberapa alasan mengapa engagement perlu ditingkatkan bagi Influencer dan KOL:

1. Tolok Ukur Keberhasilan Sebuah Konten

Sebuah konten influencer biasanya memiliki pesan yang akan disampaikan kepada audiens. Ketika sebuah konten memiliki banyak engagement atau interaksi menunjukkan pesan dari konten tersebut diterima dan dianggap menarik oleh audiens.

2. Meningkatkan Hubungan Antara Influencer dengan Audiens

Komunikasi dua arah atau interaksi dalam sebuah konten di sosial media dapat meningkatkan hubungan yang lebih kuat antara influencer atau KOL dengan audiens. Saling berinteraksi, diskusi, dan bahkan berbagi pengalamanan melalui kolom komentar akan membuat audiens merasa lebih dekat secara personal dengan influencer dan dapat menigkatkan loyalitas.

3. Meningkatkan Kesadaran Merk 

Keterlibatan pengguna atau engagement yang tinggi menunjukkan bahwa konten tersebut menarik. Hal ini dapat meningkatkan brand awarness atau kesadaran merk di kalangan pengguna atau audiens. Misalnya, sebuah konten laptop brand A ternyata menarik banyak engagement dari pengguna. Ini akan meningkatkan brand awareness dari laptop brand A di kalangan audiens.

4. Meningkatkan Kepercayaan

Selain meningkatkan hubungan dan loyalitas audiens, engagement rate yang tinggi juga dapat memupuk kepercayaan audiens terhadap kreator konten atau influencer. Keterlibatan atau engagement tinggi menunjukkan bahwa sang influencer ini dipercaya opininya atau pendapatnya oleh audiens.

Cara Cek Engagement Rate

Ini Alasan Mengapa Engagement Rate Penting untuk Influencer dan KOL


Lalu bagaimana cara mengecek engagement rate atau tingkat keterlibatan pengguna dari sebuah akun influencer atau KOL? Salah satu layanan yang Laptophia rekomendasikan adalah KOL ID. Melalui web KOL.ID, kita dapat mengecek engagement rate dari banyak platform sosial media populer, sebut saja Instagram, TikTok, dan YouTube.

Ini Alasan Mengapa Engagement Rate Penting untuk Influencer dan KOL


Cara cek engagement rate di KOL.ID cukup mudah, yakni:

  • Buka web KOL.ID
  • Pilih menu Tools
  • Pilih akun sosial media mana yang akan dicek engagement rate-nya (TikTok, YouTube, Instagram)
  • Masukkan username akun dan klik Check Profile

Melalui cara di atas, brand dapat dengan mudah mendapatkan informasi mengenai engagement rate, follower, videos view, comment per post, likes per post, dan sebagainya dari akun influencer atau KOL. Namun, Anda harus terlebih dahulu mendaftar atau memiliki akun di KOL.ID.

Anda mungkin suka:Review Infinix Hot 40i, Fitur Lengkap dengan Desain Menarik
0

Posting Komentar