eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Singkat Asus Zenfone 11 Ultra, Flagship Canggih dengan Fitur AI

Review Singkat Asus Zenfone 11 Ultra, Flagship Canggih dengan Fitur AI - Asus Zenfone 11 Ultra telah resmi melenggang di pasar Indonesia. Smartphone ini hadir dengan pendekatan yang ber beda dari pendahulunya yang menggulkan ukuran yang ringkas. Zenfone 11 Ultra tampil dengan konsep desain yang mirip dengan ROG Phone 8. Keunggulan utama Zenfone 11 Ultra masih di sektor kamera yang kini dibekali dengan teknologi 6-axis Hybrid Gimbal OIS 3.0.

Sebagai sebuah flagship sejati, Zenfone 11 Ultra ini ditenagai oleh SoC terkencang saat ini, yakni Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 SM8650-AB (4nm) ditandemkan RAM 12GB atau 16GB LPDDR5X. Smartphone ini didukung layar LTPO flexible AMOLED berukuran 6,78 inci dengan refresh rate mencapai 144Hz. Kebetulan tim Laptophia berkesempatan menjajal Zenfone 11 Ultra ini dalam waktu singkat, penasaran? Simak review singkat Asus Zenfone 11 Ultra oleh tim Laptophia!

Review Singkat Asus Zenfone 11 Ultra, Flagship Canggih dengan Fitur AI


Paket Pembelian Asus Zenfone 11 Ultra

  • Unit Asus Zenfone 11 Ultra Eternal Black
  • Kabel USB-C
  • Case
  • SIM card ejector
  • Kartu garansi
  • User guide

Desain Asus Zenfone 11 Ultra

Desain Asus Zenfone 11 Ultra

Desain Asus Zenfone 11 Ultra

Sektor desain, Asus Zenfone 11 Ultra ini memiliki banyak kemiripan dengan ROG Phone 8. Kondon katanya, kedua smartphone ini sebenarnya basisnya sama. Smartphone ini dibekali dengan casiing belakang yang menggunakan material kaca dengan finishing matte yang dihiasi dengan monogram Asus yang elegan. Bagian tepiannya melengkung, sehingga menunjang kenyamanan saat digenggam.

Asus Zenfone 11 Ultra ini hadir dengan dekorasi kamera yang agak menonjol, sehingga ponsel menjadi agak miring ketika diletakkan di meja. Ini bisa dimaklumi karena di dalam modul kameranya terdapat Gimbal OIS. Ponsel ini menggunakan frame berbahan metal yang kokoh. Ponsel ini tersedia dalam empat varian warna dan unit yang laptophia gunakan adalah Eternal Black.

Jika dilihat dari sisi depan, Asus Zenfone 11 Ultra ini tampil dengan layar punch hole pada bagian atasnya. Layar ponsel flagship ini flat dan bezelnya tergolong tipis. Ukuranj ponsel agak besar jika dibandingkan dengan generasi sebelmunya dengan ketebalan 8,9mm dan bobot 224 gram. Build quality smartphone ini sangat solid, khas ponsel flagship. Zenfone 11 Ultra juga memiliki kemampuan tahan air dan debu dengan sertifikat IP68.

Review Singkat Asus Zenfone 11 Ultra, Flagship Canggih dengan Fitur AI

Review Singkat Asus Zenfone 11 Ultra, Flagship Canggih dengan Fitur AI

Review Singkat Asus Zenfone 11 Ultra, Flagship Canggih dengan Fitur AI

Review Singkat Asus Zenfone 11 Ultra, Flagship Canggih dengan Fitur AI

Pada review Asus Zenfone 11 Ultra kali ini, sisi depan terdapat proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, kamera depan, dan layar punch hole LTPO AMOLED 144Hz dengan resolusi full HD+ berukuran 6,78 inci yang flat.

Layar smartphone flagship andalan Asus ini cukup tangguh dengan kaca antigores dari Corning Gorilla Glass Victus 2 tanpa adanya screen protector bawaan pabrik. Meski demikian, pemasangan tempered glass tambahan tetap Laptophia anjurkan guna meminimalisir risiko layar pecah saat terjatuh.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Asus Zenfone 11 Ultra ini. Sementara itu, pada sisi kiri smartphone tidak ada tombol atau port apapun. Sisi atas smartphone ini ini terdapat microphone.

Sedangkan bagian belakang ponsel Asus Zenfone 11 Ultra ini terdapat tiga kamera atau triple camera, LED flash, dan monogram Asus. Merek asal Taiwan yang baru saja memperkenalkan Vivobook S 14 OLED ini menempatkan port USB Type-C, speaker grill, tray SIM card, port audio 3,5mm, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Baca juga:Review Poco X6 5G: Performa Kencang, Layar Terbaik di Kelasnya

Software Asus Zenfone 11 Ultra

Software Asus Zenfone 11 Ultra

Sisi perangkat lunak, Asus Zenfone 11 Ultra ini menggunakan sistem operasi Android 14 dengan antarmuka Zen UI. Asus menjanjikan dukungan 2x OS update dan 4 tahun update keamanan. Ini tergolong agak kurang menurut Laptophia karena rata-rata smartphone flagship menawarkan update setidaknya 4x OS update. 

Zen UI sendiri menawarkan antarmuka yang cenderung simpel dan mirip dengan Android stock yang digunakan oleh Google Pixel. Tak hanya itu, Zen UI di Zenfone 11 Ultra ini juga minim bloatware dan tidak ada iklan yang mengganggu.

Fitur AI

Review Singkat Asus Zenfone 11 Ultra, Flagship Canggih dengan Fitur AI

Salah satu hal yang menarik dari smartphone Zenfone 11 Ultra menurut Laptophia adalah hadirnya serangkaian fitur canggih berbasis AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan yang siap membantu pengguna. Beberapa fitur canggih berbasis AI di smartphone ini antara lain adalah:

Semantic Search

Fitur ini memudahkan pengguna untuk mencari foto atau video yang tersimpan di galeri dengan perintah yang menggunakan bahasa natural yang mengandung  events, time, locations, dan objects.

AI Noise Cancellation

Fitur AI Noise Cancellation ini tak hanya tersedia di Zenfone 11 Ultra saja, tetapi juga di sebagian besar laptop besutan Asus. Fitur ini berfungsi untuk meredam suara latar atau noise agar suara kita tetap terdengar. Ini sangat membantu ketika harus telepon atai meeting online di tempat yang agak berisik.

AI Call Translator

AI Call Translator adalah fitur penerjemah secara realtime berbasis kecerdasan buatan. Fitur ini memungkinkan pengguna ngobrol dengan orang lain dalam bahasa asing karena AI Call Translator akan membantu menerjemahkannya secara realtime.

AI Transcript

Fitur ini memungkinkan kita merekam sebuah wawancara atau seminar dan nantinya AI akan secara otomatis membuatkan resume atau ringkasan dari acara tersebut. Jelas, ini sangat menghemat waktu ketika harus mengambil kesimpulan dengan cepat saat rapat atau wawancara.

AI Wallpaper

AI Wallpaper ini AI yang memanfaatkan NPU (Neural Processing Unit) di Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 untuk membuat wallpaper sesuai dengan kepribadian penggunanya, menarik bukan?

Performa Asus Zenfone 11 Ultra

Review Singkat Asus Zenfone 11 Ultra, Flagship Canggih dengan Fitur AI

Performa Zenfone 11 Ultra tak perlu diragukan lagi menurut Laptophia dengan dukungan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 SM8650-AB (4nm) yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari single-core ARM Cortex-X4 3,3GHz, triple-core ARM Cortex-A720 3,2GHz, dual-core ARM Cortex-A720 3GHz, dan dual-core ARM Cortex-A520 2,3GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 12GB atau 16GB LPDDR5X, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 750 yang powerful.

Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 SM8650-AB yang digunakan oleh smartphone Zenfone 11 Ultra merupakan SoC kelas flagship yang pertama kali diluncurkan Oktober 2023. Salah satu keunggulan Snapdragon 8 Gen 3 SM8650-AB ini adalah diproduksi menggunakan teknologi TSMC 4nm yang cukup efisien dan menawarkan peningkatan performa signifikan jika dibandingkan pendahulunya.

Snapdragon 8 Gen 3 SM8650-AB ini didukung modem Snapdragon X75 5G yang mendukung teknologi 5G (8 carriers (mmWave), 2x2 MIMO (mmWave), 4x4 MIMO (Sub-6)) dan LTE Cat.24 (downlink) dan Cat.22 (uplink). Snapdragon 8 Gen 3 SM8650-AB juga telah mendukung Qualcomm FastConnect 7800 Wi-Fi 7 802.11be, Bluetooth 5.4, dan pengisian cepat Qualcomm Quick Charge 5, serta Quick Charge AI.

Review Singkat Asus Zenfone 11 Ultra, Flagship Canggih dengan Fitur AI

Kinerja tinggi Asus Zenfone 11 Ultra ini dibuktikan dengan hasil benchmark AnTuTu v10 yang mencapai 1.703.054 atau 1,7 jutaan poin. Ini merupakan sebuah angka yang sangat tinggi. 

Zenfone 11 Ultra

Pada pengujian 3DMark Wild Life Stress Test, Zenfone 11 Ultra memang menunjukkan adanya throttling atau penurunan performa karena panas yang dihasilkan. Intensitasnya tidak terlalu agresif dan masih cukup baik. Ini membuktikan bahwa solusi pendinginan di smartphone ini bekerja dengan baik.

Bagaimana performa Asus Zenfone 11 Ultra untuk penggunaan sehari-hari? Karena keterbatasan waktu, Laptophia masih belum mendapatkan insight mengenai performanya untuk penggunaan sehari-hari. Namun dengan skor benchmark yang sangat tinggi ini, penggunaan sehari-hari dipastikan lancar, responsif, dan tanpa lag.

Review Kamera Asus Zenfone 11 Ultra

Review Kamera Asus Zenfone 11 Ultra

Kamera menjadi keunggulan utama dari review Asus Zenfone 11 Ultra kali ini menurut Laptophia. Smartphone ini dibekali tiga kamera belakang dengan kamera utama 50 megapiksel dengan sensor Sony IMX890 berukuran 1/1.56 inci 1um piksel ditandemkan dengan lensa 24mm aperture f/1.9 yang dilengkapi dengan fitur 6-axis hybrid gimbal OIS 3.0 (optical Image Stabilization), phase-detection autofokus, dan LED flash.

Kamera kedua smartphone flagship ini berkekuatan 32 megapiksel telephoto dengan 3x optical zoom yang menggunakan sensor OmniVision OV32C berukuran 1/3.2 inci 0.7um piksel ditandemkan dengan lensa 65mm aperture f/2.4 yang dilengkapi dengan OIS (optical Image Stabilization) dan phase-detection autofokus.

Sedangkan kamera ketiga Asus Zenfone 11 Ultra ini berkekuatan 13 megapiksel dengan sensor OmniVision OV13B 1/3 inci 1.12um piksel dengan lensa 13mm aperture f/2.2 yang berfungsi sebagai kamera ultra wide-angle dengan field of view (FoV) 120 derajat yang didukung free-form lens.

Baca juga:Review Xiaomi Redmi Note 13 4G: Layar Mengesankan dengan Kamera 108MP yang Kompeten

Tak hanya itu, Asus Zenfone 11 Ultra ini juga dibekali dengan kamera depan yang mumpuni berkekuatan resolusi 32 megapiksel dengan sensor RGBW 1/4 inci 0,7um piksel yang ditandemkan dengan lensa aperture f/2.2 fixed focus guna memuaskan hasrat selfie pengguna. Kamera belakang utamanya mampu merekam video 8K @24fps dan kamera depannya mampu merekam video 1080p @30fps.

Asus Zenfone 11 Ultra

Aplikasi kamera bawaan Asus Zenfone 11 Ultra ini tak jauh beda desain antarmukanya dengan aplikasi kamera bawaan ROG Phone. Susunan menu mudah dimengerti dan pengoperasiannya cukup mudah, Mode fan fitur yang disediakan kamera ponsel ini sangat lengkap. Bahkan, mode manual atau Pro menyediakan berbagai parameter yang dapat diatur sesuai kebutuhan.

Sayangnya, Laptophia hanya memiliki waktu terbatas untuk menjajal performa kameranya. Hanya beberapa sampel foto yang sempat diabadikan. Impresi awal, hasil jepretan kamera utama Asus Zenfone 11 Ultra ini sangat memuaskan. Meski kondisi pencahayaan tergolong remang-remang, detail yang dihasilkan masih sangat tinggi, tone warna yang natural, dan minim noise. 

Hasil Foto Kamera Asus Zenfone 11 Ultra

Hasil Foto Kamera Asus Zenfone 11 Ultra

Hasil Foto Kamera Asus Zenfone 11 Ultra

Hasil Foto Kamera Asus Zenfone 11 Ultra

Hasil Foto Kamera Asus Zenfone 11 Ultra
Mode normal (non portrait)

Hasil Foto Kamera Asus Zenfone 11 Ultra
Foto mode portrait


Hasil Foto Kamera Depan Asus Zenfone 11 Ultra

Hasil Foto Kamera Depan Asus Zenfone 11 Ultra
Foto selfie mode portrait

Hasil Foto Kamera Depan Asus Zenfone 11 Ultra
Foto selfie

Review Asus Zenfone 11 Ultra

Review Asus Zenfone 11 Ultra


Layar

Kualitas layar Zenfone 11 Ultra tergolong baik untuk segmen flagship. Layarnya mampu menghasilkan warna yang colorful, nyata, dan sangat tajam. Zenfone 11 Ultra dipersenjatai dengan layar LTPO AMOLED dengan resolusi full HD+  dengan kedalaman warna 10 bit yang sudah mendukung standar HDR10+ dan Dolby Vision. Dukungan kedua standar ini membuat konten yang sudah mendukung kedua standar tersebut seperti Netflix, dapat tampil lebih imersif.

Respon touchscreen Zenfone 11 Ultra ini sangat responsif dsaat Laptophia coba bernavigasi dan mengetik teks. Hal yang menarik dari layar ponsel ini ni diklaim mampu menghasilkan kecerahan hingga 2500 nits (peak)! Ini sangat terang dan andal digunakan di luar ruangan. Refresh rate yang mencapai 144Hz membuat animasi game dan scrolling lebih smooth dan nyaman di mata. Layar ponsel ini sudah diproteksi Corning Gorilla Glass Victus 2 yang tangguh.

Audio

Hal yang menarik dari Asus Zenfone 11 Ultra adalah kualitas speaker stereo yang diusungnya. Tampaknya Zenfone 11 Ultra ini mengadopsi setup speaker stereo milik ROG Phone yang terkenal berkualitas tinggi.

Saat Laptophia coba untuk mendengarkan musik melalui streaming YouTube, volume suaranya cukup nyaring. Kualitasnya tergolong salah satu yang terbaik di segmen flagship dengan detail yang tinggi, vokal yang jelas, dan bass yang cukup terasa.

Fitur

Asus Zenfone 11 Ultra ini dilengkapi fitur keamanan sensor sidik jari yang letaknya di bawah layar. Saat Laptophia coba secara langsung, performa sensor sidik jarinya bisa diandalkan dan responsif. 

Smartphone ini juga dilengkapi dengan  NFC yang bermanfaat untuk transaksi digital, pairing dengan perangkat eksternal, top up atau cek saldo e-money, dan sebagainya. Zenfone 11 Ultra ini sudah mendukung sertifikasi widevine L1 yang artinya pengguna dapat menikmati streaming konten dengan resolusi HD.

Kesimpulan

Asus Zenfone 11 Ultra merupakan sebuah smartphone flagship yang cukup unik dan menarik. Kamera yang dilengkapi Gimbal OIS menjadi daya tarik utama ponsel ini yang membuat kemampuan fotografi dan videografinya mumpuni.

Kinerja Zenfone 11 Ultra sangat powerful dan tak jauh berbeda dengan flagship lain. Fiturnya cukup lengkap dan masih menyertakan port audio 3,5mm yang sudah sulit ditemui di segmen flagship. Tak banyak kekurangan dari Zenfone 11 Ultra ini selain datang tanpa charger dalam paket penjualannya. Jelas, Asus Zenfone 11 Ultra layak dipertimbangkan dengan harga kompetitif.

Kelebihan Asus Zenfone 11 Ultra

  • Kamera kompeten dengan Gimbal OIS
  • Performa flagship dengan Snapdragon 8 Gen 3
  • Fitur lengkap, masih dibekali port audio 3,5mm
  • Baterai andal dan fast charge cukup cepat

Kekurangan Asus Zenfone 11 Ultra

  • Tidak dilengkapi charger dalam paket pembelian
  • Dukungan update OS hanya 2 tahun (2x OS update)

Harga Asus Zenfone 11 Ultra

Harga smartphone Asus Zenfone 11 Ultra RAM 12GB ROM 256GB terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 10.999.000 dan varian RAM 16GB ROM 512GB dengan harga Rp 14.999.000. Berdasarkan review singkat Asus Zenfone 11 Ultra oleh Laptophia di atas, ini merupakan flagship unik, powerful, dan layak dipertimbangkan.

Anda dapat cek harga terbaru Asus Zenfone 11 Ultra di Shopee (Klik) atau di BliBli (Klik)

Spesifikasi Asus Zenfone 11 Ultra

  • Sistem Operasi Android 14 dengan antarmuka Zen UI
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 SM8650-AB (4nm) dengan prosesor octa-core 64-bit yang terdiri dari single-core ARM Cortex-X4 3,3GHz, triple-core ARM Cortex-A720 3,2GHz, dual-core ARM Cortex-A720 3GHz, dan dual-core ARM Cortex-A520 2,3GHz
  • Grafis Adreno 750
  • Tiga kamera belakang dengan kamera utama resolusi 50 megapiksel, sensor Sony IMX890 1/1.56 inci 1um piksel, lensa 24mm aperture f/1.9, phase-detection autofokus, 6-axis hybrid gimbal OIS 3.0 dilengkapi LED flash + 32 megapiksel telehoto dengan 3x optical zoom, sensor OmniVision OV32C 1/3.2 inci 0.7um piksel, lensa 65mm aperture f/2.4, phase-detection autofokus, OIS + 13 megapiksel sensor OmniVision OV13B 1/3 inci 1.12um piksel, lensa 13mm aperture f/2.2 ultra wide-angle
  • Kamera depan 32 megapiksel dengan sensor RGBW 1/4 inci 0.7um piksel, lensa 22mm aperture f/2.5 fixed focus
  • Layar sentuh punch hole 6,78 inci, aspek rasio 20:9 dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2400 pixels, kerapatan 388 ppi (pixel per inch), 1,07 milyar warna, panel LTPO Flexible AMOLED, 10-bit HDR10, 107% DCI-P3, Delta E < 1, 2500 nits (peak), 144hz refresh rate, teknologi Pixelworks®, Corning Gorilla Glass Victus 2
  • Memori RAM 12GB atau 16GB LPDDR5X, ROM UFS 4.0 256GB atau 512GB, tidak dilengkapi slot micoSD
  • Wi-Fi 7 802.11a/b/g/n/ac/ax/7, Bluetooth 5.4, port USB Type-C, port audio 3,5mm, GPS, Dual SIM, fingerprint sensor under display, face unlock, NFC
  • Dual 12 x 16mm Super Linear Speaker, Hi-Res audio 192kHz/24-bit, Dirac Virtuo, Snapdragon Sound, OZO Audio
  • Tahan air dan debu dengan sertifikat IP68
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE / 5G
  • Dimensi 163.8 x 76.8 x 8.9 mm dengan berat 224 gram
  • Baterai 5500mAh non-removable, HyperCharge 65W, Qi Wireless Charging 15W
  • Warna Eternal Black, Skyline Blue, Misty Gray, dan Desert Sand

Terima kasih Oom Yahya (YouTube channel Ogitu Doang) telah meminjamkan unit Asus Zenfone 11 Ultra

Anda mungkin suka:Review Singkat Realme 12+ 5G, Ternyata Secantik Ini Desainnya...
Posting Komentar

Posting Komentar