eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Realme C51s, Smartphone Murah Stylish yang Nyaman Digunakan

Review Realme C51s, Smartphone Murah Stylish yang Nyaman Digunakan - Realme C51s merupakan salah satu senjata andalan Realme Indonesia untuk menggempur pasar smartphone sejutaan. Kehadiran Realme C51s bisa dikatakan sebagai refreshment atau minor upgrade dari Realme C51 NFC yang telah hadir lebih dulu. Smartphone ini menawarkan kapasitas RAM yang lebih besar, yakni 6GB. Selain itu, Realme C51s tampil dengan desain yang stylish.

Soal performa, Realme C51s ini masih sama seperti pendahulunya dengan dukungan SoC Unisoc T612 octa-core yang masih memadai untuk komunikasi sehari-hari atau bahkan gaming kasual. Sayangnya, fitur NFC yang dimiliki pendahulunya malah absen di Realme C51s ini. Smartphone ini dibekali baterai 5000mAh yang mendukung fitur fast charge SuperVOOC 33W, penasaran? Simak review Realme C51s oleh tim Laptophia kali ini!

Review Realme C51s, Smartphone Murah Stylish yang Nyaman Digunakan


Paket Pembelian Realme C51s

Paket Pembelian Realme C51s

  • Unit Realme C51s 6GB/128GB Mighty Black
  • Kepala charger 10W
  • Kabel USB Type-C
  • SIM card ejector
  • User guide
  • Kartu garansi
  • Silicon Case

Desain Realme C51s

Desain Realme C51s

Desain Realme C51s

Meski mengusung spesifikasi yang mirip dengan Realme C51 NFC, desain Realme C51s ini jauh berbeda dan sekilas malah lebih mirip dengan Realme C53 NFC. Smartphone ini mengusung konsep Shiny Waterfall Design menampilkan kilau layaknya air yang jatuh dengan tekstur layaknya meteor yang menawan desain pada casing belakangnya. Ada dua varian warna Realme C51s dan unit yang Laptophia ulas adalah varian Mighty Black.

Dekorasi kamera Realme C51s serupa dengan Realme C53 yang mengusung gaya boba ala Apple iPhone. Area dekorasi menggunakan finishing glossy yang menawan. Sedangkan permukaan casing belakag ponsel ini bertekstur, sehingga tidak licin dan tak mudah meninggalkan jejak sidik jari. Baik frame maupun casing belakang smartphone ini terbuat dari bahan plastik yang terasa cukup kokoh, meski tak terkesan premium.

Ketika dilihat dari depan, Realme C51s ini tak jauh berbeda dengan kebanyakan ponsel Android lainnya dengan layar berponi pada bagian atasnya. Bezel sekeliling layarnya agak tebal, terutama bagian bawahnya. Build quality Realme C51s ini terasa cukup solid dan kuat. Ponsel ini memiliki ketahanan terhadap debu dan cipratan air dengan sertifikasi IP54.

Desain Realme C51s

Desain Realme C51s

Desain Realme C51s

Desain Realme C51s

Sisi depan smartphone Realme C51s ini terdapat proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, kamera depan, dan layar berponi dengan teknologi IPS dengan resolusi HD+ berukuran 6,74 inci dengan refresh brate 90Hz.

Layar smartphone Realme C51s ini tak disebutkan adanya proteksi antigores seperti Gorilla Glass dan sejenisnya, tetapi telah dilengkapi dengan screen protector bawaan pabrik. Laptophia menganjurkan pemasangan tempered glass tambahan guna meminimalisir risiko layar pecah saat terjatuh.

Tombol volume rocker dan tombol power yang terintegrasi dengan fingerprint sensor ditempatkan di sisi kanan ponsel Realme C51s ini. Selain itu, terdapat tray slot SIM dan microSD (triple slot) pada sisi kiri ponsel. Sisi atas ponsel Realme C51s ini tidak terdapat tombol atau port apapun.

Sedangkan bagian belakang ponsel Realme C51s ini terdapat dua kamera atau dual camera, LED flash, dan logo Realme pada bagian kiri bawah. Merek asal Tiongkok yang baru saja memperkenalkan Realme GT 6 ini menempatkan port USB Type-C, port audio 3,5mm, speaker grill, dan microphone di sisi bawah ponsel.

baca juga:Review Tecno Spark 20, Smartphone Sejutaan dengan Fitur Lengkap

Video Unboxing Realme C51s

 


Software Realme C51s

Software Realme C51s

Sisi perangkat lunak, Realme C51s ini menggunakan sistem operasi Android 13 dengan balutan antarmuka Realme UI T Edition. Seminggu setelah proses review dan uji pakai dimulai, muncul notifikasi upgrade ke Android 14. Tim Laptophia pun langsung melakukan upgrade Realme C51s ke Android 14 melalui OTA. 

Kehadiran upgrade Android 14 di smartphone harga sejutaan seperti Realme C51s ini layak mendapat apresiasi. Banyak smartphone sejutaan lainnya tidak mendapat dukungan upgrade OS dan hanya sekadar update security patch saja.

Tampilan Realme UI U Edition berbasis Android 14 pada pembahasan Realme C51s ini terdiri dari Lockscreen, Homescreen, dan App drawer. Opsi kostumisasi yang disediakan memang tidak terlalu lengkap, yakni hanya memungkinkan pengguna mengganti wallpaper, themed icon, color palette, dan widget saja. Meski demikian, antarmukanya cenderung simpel dan mudah dimengerti.

Apakah Realme UI Menampilkan Iklan?

Hal yang menarik dari Realme UI berbasis Android 14 ini adalah relatif minim iklan. Selama dua minggu menggunakan smartphone ini, Laptophia tidak menemui iklan yang mengganggu. Hanya aja, spam notifikasi dari aplikasi bawaan memang masih ada.

Review Realme C51s, Smartphone Murah Stylish yang Nyaman Digunakan


Fitur yang dimiliki Realme UI U Edition ini memang tak selengkap Realme UI regular. Beberapa fitur unggulannya antara lain Phone Manager, Mini Capsule, Night Light, Video display enhancement, Smart controls, Smart motion, Scheduled power on/off, Pocket mode, Gestures, Digital Wellbeing, parental control, face unlock, Super power saving Mode, dan sebagainya.

Salah satu fitur unggulan Realme C51s adalah hadirnya Mini Capsule 2.0 yang sekilas mirip dengan dynamic island milik iPhone yang mampu menampilkan berbagai notifikasi seperti musik yang sedang dimainkan, cuaca, jumlah langkah kaki, status pengisian daya, dan sebagainya.

Aplikasi bawaan yang terinstal di smartphone murah berdesain cantik Realme C51s ini cukup banyak, antara lain Google Apps, Agoda, App Market, Booking.com, Fineasy, Finmart, Lazada, Facebook, J&T Express, J&T Cargo, Fruit Shooting - Ninja Knife, Tile Match, Worm.io - Eat em All, Joy Games, LinkedIn, Netflix, TikTok, Shopee, Spotify, Tomoro Coffee, Tokopedia, dan WPS Office. Sebagian aplikasi bawaan yang tidak digunakan dapat di-uninstall atau dihapus.

Secara umum, Realme UI U Edition (Android 14) yang digunakan oleh Realme C51s menawarkan tampilan lebih simpel, performa yang lebih ringan, dan fitur yang cukup memadai untuk sebuah smartphone dengan harga terjangkau. Hanya saja, aplikasi dan game bawaan cukup banyak.

Performa Realme C51s

Performa Realme C51s

Soal kinerja, Realme C51s tak jauh berbeda dari Realme C51 NFC karena masih mengandalkan sokongan SoC (System on Chip) Unisoc Tiger T612 (12nm) yang mengusung prosesor octa-core 64-bit yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 1,8GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 1,8GHz dipadukan grafis dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57. Keunggulan Realme C51s dari pendahulunya adalah dukungan RAM yang lebih besar, yakni 6GB.

Sekencang apa Unisoc T612 yang digunakan oleh Realme C51s? Jika dilihat dari hasil benchmarknya, Unisoc T612 ini mampu encetak skor AnTuTu 249 ribu poin. Angka ini tak jauh berbeda dari Poco C65 yang ditenagai noleh SoC Helio G85 yang mencetak skor 271 ribu poin. Ini artinya, Unisoc T612 yang digunakan oleh Realme C51s menawarkan kelas performa yang sama dengan Helio G85 atau Unisoc T606 yang banyak digunakan smartphone dengan harga yang sama.

Selama dua minggu lebih. Laptophia menggunakan Realme C51s ini untuk komunikasi sehari-hari, sosial media, editing foto menggunakan Snapseed, streaming video, dan kadang editing video ringan menggunakan CapCut. Performa Realme C51s yang Laptophia rasakan cukup gegas dan nyaris tak ada lag yang mengganggu. Buka tutup aplikasi terasa cepat dan responsif.

Baca juga:Review Itel P55 5G, Smartphone 5G Sejutaan Terkencang!

Bagaimana kemampuan Realme C51s untuk gaming? Sebagai smartphone sejutaan, performa gaming Realme C51s tergolong lumayan dan masih memadai untuk gaming kasual. Game seperti Mobile Legends dapat dimainkan dengan lancar di smartphone ini. Game FPS seperti PUBG Mobile juga masih cukup lancar.

Namun untuk game yang lebih berat seperti Genshin Impact, Laptophia tidak merekomendasikannya untuk dimainkan di Realme C51s ini. Berikut ini hasil benchmark Realme C51s yang telah tim Laptophia lakukan.

Benchmark Realme C51s

Benchmark Realme C51s
Device Info HW

Benchmark Realme C51s
Geekbench 6

Benchmark Realme C51s
AnTuTu v10

Benchmark Realme C51s
PCMark

Benchmark Realme C51s
3DMark

Benchmark Realme C51s
Basemark OS II

Benchmark Realme C51s
AnTuTu Storage Test

Benchmark Realme C51s
Sensorbox & Multitouch Tester

Rekap Benchmark Realme C51s

  • Geekbench 6 CPU: 418 (single-core), 1487 (multi-core)
  • Geekbench 6 GPU: 454 (OpenCL), 456 (Vulkan)
  • AnTuTu v10: 249.257
  • PCMark: 7888 (Work 3.0), 12.477 (Storage 2.0)
  • 3DMark: 116 (Wild Life Extreme), 454 (Wild Life), 992 (Sling Shot Extreme OpenGL), 978 (Sling Shot Extreme Vulkan)
  • Basemark OS II: 2034
  • AnTuTu Storage Test: 13.076, 315,7 MB/s (read), 249,7 MB/s (write)

Review Kamera Realme C51s

Review Kamera Realme C51s

Spesifikasi kamera Realme C51s ini bisa dikatakan sama persis dengan Realme C51 NFC. Smartphone ini mengandalkan dua buah kamera belakang dengan kamera utama berkekuatan 50 megapiksel dengan lensa aperture f/1.8 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofokus, AI, dan LED flash.

Kamera utama Realme C51s yang berkekuatan 50MP menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 ini menggunakan teknologi Tetrapixel yang menggabungkan empat piksel menjadi sebuah piksel berukuran besar untuk menyerap lebih banyak cahaya. Teknologi ini membuat kamera utama realme C51s menghasilkan foto dengan resolusi 12,5MP.

Sedangkan kamera kedua smartphone Realme C51s berkekuatan 0,3 megapiksel berfungsi sebagai depth sensor untuk menghasilkan efek bokeh yang artistik saat memotret dengan mode portrait.

Sedangkan untuk selfie dan vlogging, Realme C51s cukup memadai dengan dukungan kamera resolusi 5 megapiksel dengan sensor BSI CMOS dengan lensa aperture f/2.0 guna memuaskan hasrat selfie pengguna. Kamera belakang Realme C51s ini dapat merekam video hingga resolusi full HD @30 fps dan HD 720p @30fps untuk kamera depannya.

Review Kamera Realme C51s

Pada review Realme C51s kali ini menggunakan aplikasi kamera default yang tampil dengan antarmuuka yang lebih sederhana dari aplikasi kamera Realme di perangkat yang lebih mahal. Aplikasi kameranya menyediakan beberapa mode dengan menu rolodex. Kamera Realme C51s ini juga mendukung fitur AI (Artificial Intelligence) untuk mengoptimalkan hasil foto sesuai dengan skenario yang terdeteksi yang dapat diaktifkan melalui menu Settings.

Mode yang tersedia pada review kamera Realme C51s ini juga relatif tidak terlalu banyak tetapi cukup lengkap untuk smartphone dengan harga sejutaan, sebut saja Video, Photo, Portrait, Time-Lapse, Pro, Night, Slow-Mo (720p @120fps), QR Code, 50M, dan Pano. Pada Mode Pro, kita bisa atur parameter teknis seperti White Balance, EV, ISO (hingga 1600), Shutter Speed (hingga 1/5s), dan fokus distance. Pengaturan filter, beautify, dan HDR juga sudah tersedia di menu bagian atas aplikasi kameranya.

Review Kamera Realme C51s

Kualitas foto yang dihasikan kamera Realme C51s ini tak jauh berbeda dari Realme C51 NFC yang sudah Laptophia ulas sebelumnya. Secara umum, bisa dikatakan di atas rata-rata untuk sebuah smartphone harga sejutaan, terutama dalam kondisi low-light.

Saat siang hari dengan kondisi cahaya yang melimpah, kamera utama Realme C51s mampu menghasilkan foto yang memuaskan. Saturasi warnanya memang cenderung punchy, terutama untuk warna hijau dan biru. Tingkat detailnya cukup baaik, tetapi tidak istimewa karena kadang kurang konsisten.

Baca juga:Review Xiaomi Redmi Note 13 4G: Layar Mengesankan dengan Kamera 108MP yang Kompeten

Dynamic range memang kurang waide karena bayangan terlihat lebih gelap dari aslinya dan beberapa kondisi tampak langitnya overekspose atau haya terlihat putih saja. Ketika mode HDR diaktifkan, dynamic range meningkat dan bayangan atau shadow tampak lebih terang. Sayangnya, HDR yang ada di Realme C51s tidak dapat dikunci untuk selalu on, melainkan hanya di mode auto saja.

Mode portrait kamera belakang Realme C51s saat Laptophia coba, hasilnya terbilang standar. Separasi subyek dan background kurang rapi, serta efek bokehnya tampak kurang alami. 

Sedangkan untuk memotret macro, kecepatan autofokus kamera utama Realme C51s ini gegas dan akurat. Hasil foto macro-nya juga memuaskan dengan tingkat detail yang baik, fokus akurat, dan efek bokeh yang artistik.

Saat malam hari, performa autofokus Realme C51s tampak mengalami penurunan dan tangan kita harus steady agar menghasilkan foto yang bebas blur. Hasil jepretan ponsel ini saat malam hari atau kondisi low-light bisa dikatakan di atas rata-rata. Detail yang dihasilkan masih cukup baik, saturasi warna yang punchy, dan noise yang tergolong minim.

Realme C51s ini juga memiliki mode Night. Saat Laptophia jajal mode Night ini, dynamic range mengalami peningkatan signifikan dan sumber cahaya seperti lampu menjadi lebih jelas. LED flash bawaan Realme C51s juga cukup terang dan bisa diandalkan.

Sedangkan kamera depan pada review Realme C51s kali ini bisa diandalkan untuk foto selfie dalam segala kondisi cahaya. Foto selfie yang dihasilkan cukup baik dengan tingkat detail yang pas, tone warna yang memuaskan untuk kelas harganya, dan dynamic range yang cukup wide. 

Hasil Foto Kamera Realme C51s

Hasil Foto Kamera Realme C51s

Hasil Foto Kamera Realme C51s

Hasil Foto Kamera Realme C51s

Hasil Foto Kamera Realme C51s

Hasil Foto Kamera Realme C51s

Hasil Foto Kamera Realme C51s

Foto siang hari

Hasil Foto Kamera Realme C51s

Hasil Foto Kamera Realme C51s

Foto mode portrait

Hasil Foto Kamera Realme C51s

Hasil Foto Kamera Realme C51s

Hasil Foto Kamera Realme C51s

Hasil Foto Kamera Realme C51s

Hasil Foto Kamera Realme C51s

Foto macro

Hasil Foto Kamera Realme C51s

Hasil Foto Kamera Realme C51s

Hasil Foto Kamera Realme C51s

Hasil Foto Kamera Realme C51s

Hasil Foto Kamera Realme C51s

Foto malam hari

Hasil Foto Kamera Realme C51s
Night mode off

Hasil Foto Kamera Realme C51s
Night mode on

Hasil Foto Kamera Realme C51s

Hasil Foto Kamera Realme C51s

Hasil Foto Kamera Realme C51s

Foto dengan LED flash

Hasil Foto Kamera Depan Realme C51s

Hasil Foto Kamera Depan Realme C51s

Hasil Foto Kamera Depan Realme C51s

Foto selfie


Hasil Foto Kamera Depan Realme C51s

Hasil Foto Kamera Depan Realme C51s

Foto selfie mode portrait

Hasil Rekaman Video Realme C51s



Review Realme C51s

Review Realme C51s


Layar

Spesifikasi layar Realme C51s ini sama persis dengan Realme C51 NFC yang Laptophia ulas sebelumnya, yakni berukuran 6,74 inci IPS dengan resolusi HD+. Kualitas layarnya cukup baik untuk harga sejutaan dengan saturasi warna yang vivid, tajam, dan kontras yang baik.

Layar ponsel ini sudah mendukung refresh rate 90Hz yang membuat animasi dan scrolling terlihat lebih smooth. Respon touchscreen Realme C51s ini cukup gegas dan tak terasa ada jdea yang mengguanggu. Namun, performanya di luar ruangan atau outdoor kurang bisa diandalkan. Realme tak menyebutkan adanya proteksi antigores di ponsel ini, tetapi sudah dilengkapi screen protector yang sudah terpasang.

Audio

Realme C51s dibekali sebuah speaker alias mono yang menghadap ke bawah. Suara yang dihasilkan speakernya cukup nyaring, tetapi ketika volume maksimal terdengar kurang nyaman di telinga. Laptophia menyarankan untuk menggunakan volume maksimal 85% saja.

Kualitas suara yang dihasilkan speaker Realme C51s ini tidaklah istimewa dan tak jauh berbeda dengan kebanyakan ponsel seutaan lainnya. Treble dan mid mendominasi, serta bass kurang terdengar saat Laptophia memainkan musik. 

Baca juga:Review Poco X6 5G: Performa Kencang, Layar Terbaik di Kelasnya

Memori

Review Realme C51s, Smartphone Murah Stylish yang Nyaman Digunakan

Smartphone murah stylish Realme C51s tersedia dalam satu varian saja, yakni RAM 6GB dan memori internal 128GB eMMC 5.1. Unit yang Laptophia ulas ini menyisakan memori internal sekitar 105,69GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 2,9 GB – 3,1 GB. Smartphone andalan Realme ini telah mendukung fitur USB OTG melalui port USB Type-C yang diusungnya, serta dilengkapi dengan slot microSD (dedicated slot).

Fitur

Fitur keamanan Realme C51s ini cukup lengkap dengan dukungan fingerprint sensor dan face unlock. Saat Laptophia coba, fingerprint sensornya bekerja dengan baik dan responsif. Performanya jauh leboh baik ketimbang milik Realme C51 NFC yang telah kami ulas sebelumnya.

Hal yang disayangkan dari Realme C51s adalah absennya fitur NFC yang mungkin berguna bagi beberapa orang. Ini agak aneh mengingan Realme C51 yang notabene pendahulunya memiliki fitur NFC. Smartphone ini hanya mendukung sertifikasi widevine L3 yang artinya pengguna dapat menikmati streaming konten dengan kualitas standard definition (SD), belum bisa HD.

Baterai

Selama dua minggu lebih menggunakan Realme C51s sebagai smartphone kedua, daya tahan baterainya rata-rata sanggup hingga seharian penuh dengan SoT (Screen on Time) 7 - 8 jam. Laptophia menggunakan Realme C51s untuk komunikasi sehari-hari, sosial media, streaming, dan non gaming. Untuk penggunaan gaming, mungkindaya tahan baterainya bisa lebih singkat.

Kapasitas baterai Realme C51si ini adalah 5000mAh yang dilengkapi fitur fast charge SuperVOOC 33W. Sayangnya, charger yang ada dalam paket penjualannya hanya 10W saja. Saat Laptophia coba, butuh waktu 2 jam untuk mengisi daya dari 6% hingga penuh dengan charger bawaan. Kami belum menjajal performa SuperVOOC 33W yang dimiliki smartphone ini karena tidak memiliki charger yang kompatibel.

Kesimpulan

Secara umum, Realme C51s merupakan smartphone sejutaan yang tampil dengan desain stylish dan build quality yang cukup solid. Kinerja smartphone ini memang bukan yang paling kencang, tetapi sudah cukup nyaman untuk penggunaan sehari-hari tanpa lag yang berarti. Kemampuan kameranya pun bisa diandalkan dengan kualitas foto sedikit di atas rata-rata.

Kekurangan Realme C51s yang paling mencolok adalah absennya fitur NFC dan charger bawaan yang hanya 10W. Ini sebuah downgrade jika dibandingkan Realme C51 NFC. terlepas dari kelemahannya, Realme C51s layak dipertimbangkan bagi konsumen yang membutuhkan smartphone murah dengan budget sejutaan.

Kelebihan Realme C51s

  • Desain stylish, build quality solid
  • Performa nyaman
  • Kamera bisa diandalkan
  • Harga bersaing

Kekurangan Realme C51s

  • Charger bawaan hanya 10W
  • Tidak dilengkapi NFC

Harga Realme C51s

Harga smartphone Realme C51s RAM 6GB ROM 128GB terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun saat artikel ini ditulis adalah Rp 1.599.000. Berdasarkan review di atas, Realme C51s merupakan salah satu smartphone sejutaan yang stylish dan nyaman digunakan.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru smartphone Realme C51s di Shopee (Klik) atau di BliBli (Klik)

Spesifikasi Realme C51s

  • Sistem Operasi Android 13 dengan antarmuka Realme UI T Edition
  • Chipset Unisoc Tiger T612 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 1,8GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 1,8GHz
  • Grafis Mali-G57
  • Dua kamera belakang, kamera utama 50 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel, phase-detection autofokus, lensa aperture f/1.8, phase-detection autofokus, LED flash + 0,3 megapiksel dengan lensa aperture f/3.0 (depth sensor)
  • Kamera depan 5 megapiksel, sensor BSI CMOS, lensa aperture f/2.2, fixed focus
  • Layar sentuh berponi 6,74 inci 2.5D, dengan resolusi HD+ 1600 x 720 pixels, kerapatan 260 ppi (pixel per inch), aspek rasio 20:9, 16 juta warna, refresh rate 90Hz, panel IPS LCD
  • Memori RAM 6GB LPDDR4x, ROM 128GB eMMC 5.1, dilengkapi slot microSD maksimal 2TB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, USB OTG, fingerprint sensor (side mounted)
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 167.2 x 76.7 x 8 mm dengan berat 186 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable, fast charging SuperVOOC 33W
  • Warna Shiny Green dan Mighty Black

*review ini menggunakan unit yang dibeli sendiri oleh tim Laptophia, bukan sponsor/seeding

Anda mungkin suka:Review ZTE Blade V40s: Layar AMOLED Termurah, Masih Layak Dipertimbangkan di 2024?
Posting Komentar

Posting Komentar