eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Menjajal Poco F6, Build Quality-nya Kok Kayak Gini?

Menjajal Poco F6, Build Quality-nya Kok Kayak Gini? - Poco F6 yang merupakan smartphone "flagship killer" telah resmi melenggang di pasar Indonesia. Keunggulan utama smartphone ini adalah performanya yang bisa dikatakan salah satu yang terkencang di segmennya dan bahkan mendekati sebuah smartphone flagship berkat sokongan SoC Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3 ditandemkan RAM 8GB atau 12GB.

Poco F6 5G dibekali layar CrystalRes Flow AMOLED resolusi tinggi dan refresh rate 120Hz yang smooth, serta mendukung HDR10+ dan Dolby Vision. Kemampuan fotografinya di atas kertas cukup mentereng dengan dukungan dua kamera belakang dengan kamera utama 50MP lengkap dengan fitur OIS. Kebetulan tim Laptophia berkesempatan menjajal Poco F6 ini selama beberapa jam. Begini impresi yang kami dapatkan.

Menjajal Poco F6, Build Quality-nya Kok Kayak Gini?


Menjajal Poco F6

Menjajal Poco F6

Laptophia tak memiliki banyak waktu saat menjajal smartphone Poco F6 ini. Penampilan fisik atau konsep desain Poco F6 ini jauh berbeda dari Poco X6 5G yang pernah Laptophia ulas sebelumnya. Ponsel ini tampil dengan dekorasi kamera minimalis tanpa housing dengan ukuran lingkaran kameranya yang cukup besar. Sementara di sisi kanan kamera terdapat logo Poco tercetak cukup mencolok.

Casing belakangnya menggunakan finishing sandblasting dan bertekstur, sehingga tidak licin ketika digenggam. Poco F6 ini tersedia dalam tiga varian warna yakni Black, Titanium, dan Green. Kebetulan unit yang Laptophia ulas adalah varian warna hitam atau Black. Tepian casing atau backdoornya melengkung dan menujang kenyamanan saat menggenggam.

Jika dilihat dari sisi depan, Poco F6 ini tak jauh berbeda dengan kebanyakan ponsel Android lainnya dengan layar punch hole pada bagian atas layarnya. Bezel layar Poco F6 ini sangat tipis di semua sisinya. Frame smartphone ini terbuat dari bahan plastik yang cukup kokoh. Poco F6 memiliki kemampuan tahan air dan debu dengan sertifikasi IP64.

Menjajal Poco F6, Build Quality-nya Kok Kayak Gini?

Menjajal Poco F6, Build Quality-nya Kok Kayak Gini?

Menjajal Poco F6, Build Quality-nya Kok Kayak Gini?

Sisi depan smartphone Poco F6 terdapat proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, kamera depan, dan layar punch hole CrystalRes Flow AMOLED 120Hz dengan resolusi 1.5K berukuran 6,67 inci.

Layar smartphone Poco F6 ini cukup tangguh dengan kaca antigores dari Corning Gorilla Victus 2 yang tangguh yang masih diperkuat dengan screenguard yang sudah terpasang dari pabrik. Meski demikian, pemasangan tempered glass tambahan tetap Laptophia anjurkan guna meminimalisir risiko layar pecah saat terjatuh.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Poco F6 ini. sedangkan sisi kiri ponsel ini tidak terdapat port atau tombol apapun. Sisi atas ponsel ini terdapat speaker grill, microphone, dan infrared port.

Sedangkan bagian belakang ponsel Poco F6 ini terdapat dua kamera atau dual camera, LED flash, dan logo Poco pada bagian samping dekorasi kamera. Merek asal Tiongkok yang baru saja memperkenalkan Poco M6 ini menempatkan port USB Type-C, speaker grill, tray SIM card (2 SIM), dan microphone di sisi bawah ponsel.

Baca juga:Review Poco C65, Smartphone Paling Gesit Harga Sejutaan?

Impresi Awal Poco F6, Build Quality Terasa Murahan?

Impresi Awal Poco F6, Build Quality Terasa Murahan?

Impresi awal setelah menjajal langsung smartphone "flagship killer" Poco F6 ini cukup mengejutkan Laptophia. Pasalnya, build quality smartphone ini jauh dari kesan premium. Casing belakangnya terbuat dari bahan plastik yang sama sekali tak terkesan bahwa ponsel ini harganya 5 jutaan. Meski terkesan agak murahan, Poco F6 ini tergolong nyaman digenggam karena tepianya yang melengkung dan permukaannya tidak licin.

Kualitas layar Poco F6 ang mengusung CrystalRes Flow AMOLED 120Hz ini yang mampu menghasilkan warna yang vibrant dan colorful, serta warna hitam yang pekat. Laptophia menilai kualitas layar Poco F6 ini salah satu yang terbaik di segmennya. Saat digunakan di bawah terik matahari, layarnya masih bisa diandalkan.

Tak hanya kualitas layarnya yang mantap, kinerja Poco F6 ini bisa dikatakan salah satu yang terkencang dengan harga 5 jutaan berkat dukungan SoC Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3. Karena keterbatasan waktu, Laptophia belum sempat melakukan benchmark. Impresi awal saat buka tutup aplikasi terasa sangat responsif.

Sayangnya, Laptophia juga belum sempat menjajal performa kamera Poco F6 karena keterbatasan waktu. Beberapa sumber seperti GSM Arena yang telah menguji Poco F6 menyebutkan kualitas kamera Poco F6 ini cukup baik, tetapi tidak terlalu istimewa. 

Harga Poco F6

Harga smartphone Poco F6 5G RAM 12GB ROM 512GB terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 5.699.000 dan Rp 4.999.000 untuk varian RAM 8GB ROM 256GB. 

Anda dapat cek harga terbaru smartphone Poco F6 5G di Shopee (Klik) atau di BliBli (Klik)

Spesifikasi Poco F6

  • Sistem Operasi Android 14 dengan antarmuka HyperOS
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3 SM8635 (4nm) dengan prosesor octa-core 64-bit yang terdiri dari single-core ARM Cortex-X4 3GHz, quad-core ARM Cortex-A720 2,8GHz, dan triple-core ARM Cortex-A520 2GHz
  • Grafis Adreno 735
  • Dual atau dua kamera belakang dengan kamera utama 50 megapiksel, sensor Sony IMX882 1/1.95 inci 0.8um piksel, lensa 26mm aperture f/1.6, phase-detection autofokus, OIS, LED flash + 8 megapiksel sensor Sony IMX355 1/4 inci 1.12um piksel, lensa 16 mm ultra wide-angle aperture f/2.2
  • Kamera depan 20 megapiksel, sensor OmniVision OV20B, lensa aperture f/2.5, fixed focus
  • Layar sentuh punch hole Dot Display 6,67 inci 2.5D, aspek rasio 20:9 dengan resolusi 1220 x 2712 piksel, kerapatan 446 ppi (pixel per inch), 1200 nits (HBM), HDR10+, Dolby Vision, 120Hz refresh rate, 480Hz touch sampling rate, 68 miliar warna TrueColor, panel CrystalRes Flow AMOLED, Corning Gorilla Glass Victus
  • Memori RAM 8GB atau 12GB LPDDR5X, ROM 256GB atau 512GB UFS 4.0, tidak dilengkapi slot microSD
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, FM Radio, GPS, IR Blaster, Dual SIM, NFC, fingerprint sensor (under screen), face unlock
  • Dual stereo speaker dengan sertifikasi Hi-Res Audio, Dolby Atmos
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE / 5G
  • Dimensi 160.5 x 74.5 x 8 mm dengan berat 179 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable, Fast Charging 90W Turbo Charge
  • Warna Black, Titanium, dan Green
Anda mungkin suka:Review Singkat Asus Zenfone 11 Ultra, Flagship Canggih dengan Fitur AI
0

Posting Komentar