eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Menguji Kamera Tecno Spark 20 di Pantai Watu Lawang Gunungkidul, Sebagus Ini?

Menguji Kamera Tecno Spark 20 di Pantai Watu Lawang Gunungkidul, Sebagus Ini? - Tecno Spark 20 merupakan salah satu smartphone sejutaan yang menawarkan fitur lengkap di segmennya, sebut saja fitur NFC, speaker stereo, dan sebagainya. Kinerja ponsel ini juga masih bersaing dengan dukungan SoC MediaTek Helio G85 octa-core yang ditandemkan RAM 8GB. 

Hal yang menarik dari Tecno Spark 20 ini adalah dipersenjatai dengan dua kamera dengan kamera utama berkekuatan 50 megapiksel. Bagi penggemar foto selfie, Tecno Spark 20 tampak menarik karena dibekali dengan kamera depan berkekuatan 32 megapiksel. Laptophia berkesempatan menjajal Tecno Spark 20 dan menguji kameranya ke sebuah tempat wisata alam di Yogyakarata, yakni Pantai Watu Lawang yang berlokasi di Kabupaten Gunungkidul. Penasaran Seperti apa kameranya?

Menguji Kamera Tecno Spark 20 di Pantai Watu Lawang, Gunungkidul


Menuju Pantai Watu Lawang

Menguji Kamera Tecno Spark 20 di Pantai Watu Lawang, Gunungkidul


Kurang lebih sebulan yang lalu, tim Laptophia berwisata ke pantai yang mungkin belum terlalu familiar, yakni Pantai Watu Lawang. Dulunya, pantai Watu Lawang ini adalah salah satu hidden gem atau pantai yang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Namun, kini pantai iini suah mulai dikenal dan fasilitas lengkap telah dibangun di pantai tersebut.

Spesifikasi Kamera Tecno Spark 20

Spesifikasi kamera Tecno Spark 20 ini cukup bersaing di segmen sejutaan dengan dukungan dua buah kamera belakang. Kamera utamanya berkekuatan 50 megapiksel dengan lensa aperture f/1.9 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel yang didukung fitur phase-detection autofokus, dan dual LED flash.

Sedangkan kamera kedua berkekuatan QVGA sebagai depth sensor dan AI Lens. Kombinasi dua kamera belakang ponsel pintar ini mampu menghasilkan portrait atau efek bokeh melalui mode portrait. Tecno juga membekali kameranya dengan fitur AI.

Kamera depan Tecno Spark 20 cukup kompeten di kelasnya dengan dukungan dengan dukungan resolusi 32 megapiksel dengan sensor BSI CMOS yang ditandemkan lensa aperture f/2.2 fixed focus lengkap dengan dual LED Flash guna memuaskan hasrat foto selfie atau melakukan video call. Kamera depan maupun belakang smartphone andalan Tecno ini dapat merekam video hingga resolusi full HD 2K @30fps.

Menguji Kamera Tecno Spark 20

Menguji Kamera Tecno Spark 20

Foto di atas adalah sebuah bukit karst yang dibelah oleh jalan JLS (Jalur Lintas Selatan) yang belum lama ini sudah selesai dibangun. Kamera utama Tecno Spark 20 mamou menunjukkan level detail yang cukup mengesankan pada bagian tebing dan tanaman hijau di sekitarnya. Karakter warnanya cenderung warm, tetapi mendekati aslinya atau natural.

Tecno Spark 20

Foto kedua ini adalah sisi timur pantai Watu Lawang yang Laptophia abadikan dari atas tebing. Tingkat detail yang dihasilkan kamera 50MP Tecno Spark 20 ini cukup baik, tetapi agak sedikit penajaman yang kurang natural. Sementara untuk warna langit dan lautnya mendekati aslinya. Namun, area laingit jika di-zoom, terlihat adanya noise.

Baca juga:Review Poco C65, Smartphone Paling Gesit Harga Sejutaan?

Menguji Kamera Tecno Spark 20 di Pantai Watu Lawang, Gunungkidul

Pada kondisi yang menantang cahaya seperti foto di atas, kamera utama Tecno Spark 20 menunjukkan taringnya menurut Laptophia. Dynamic range cukup wide dan mampu menghasilkan detail daun pandan laut lengkap dengan buahnya yang berwarna merah, serta tidak ada bayangan yang terlalu gelap. Warna langit tampak terlihat lebih cerah dari aslinya.

Tecno Spark 20

Kecepatan autofokus kamera utama Tecno Spark 20 ini cukup baik dengan kondisi cahaya yang melimpah. Foto yang Laptophia ambil di atas menunjukkan fokus pada bunga kamboja yang cukup akurat dan detail yang sangat baik. Efek blur atau bokeh-nya terlihat cukup estetik.

Menguji Kamera Tecno Spark 20 di Pantai Watu Lawang, Gunungkidul

Ketika di area pantai, Laptophia mencoba menjepret foto dengan kondisi cahaya yang cukup menantang dan bayangan yang cukup mendominasi. Cahaya banyak bersumber dari atas - belakang tebing, sehingga menimbulkan bayangan yang cukup luas. Sayangnya, dynamic range Tecno Spark 20 tampak kurang konsisten karena kali ini gagal menampilkan detail bayangan seperti yang Laptophia harapkan. Area sekitar tebing terlihat lebih gelap dari aslinya.

Menguji Kamera Tecno Spark 20 di Pantai Watu Lawang, Gunungkidul

Foto bongkahan karang pantai Watu Lawang di atas mampu diabadikan dengan baik oleh kamera Tecno Spark 20 dengan detail yang sangat baik. Namun jika diperhatikan dengan seksama, tampak ada sedikip penajaman atau oversharpening. Sementara untuk akurasi warnanya cukup baik dan dynamic range juga cukup oke.

Kesimpulan

Secara umum, kamera Tecno Spark 20 ini tampak mampu menghasilkan foto yang berkualitas dan memadai untuk mengabadikan moment wisata seperti ke pantai, gunung, dan sebagainya. Beberapa sampel foto Tecno Spark 20 di pantai Watu Lawang oleh Laptophia di atas memang memiliki sejumlah kekurangan seperti dynamic range yang kurang konsisten dan kadang ada penajaman. 

Terlepas dari kekurangannya, kamera Tecno Spark 20 tergolong bagus dan layak diandalkan untuk ponsel dengan harga sejutaan. Review lengkap Tecno Spark 20 oleh tim Laptophia bisa di cek di tautan di bawah ini.

Review Tecno Spark 20

Anda dapat cek harga dan promo terbaru smartphone Tecno Spark 20 di Shopee (Klik) atau di BliBli (Klik)

Spesifikasi Tecno Spark 20

  • Sistem Operasi Android 13 dengan antarmuka HiOS 13
  • Chipset MediaTek Helio G85 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 1,8GHz
  • Grafis Mali-G52 2EEMC2 1GHz
  • Dual kamera dengan kamera utama belakang 50 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel, phase-detection autofokus, lensa aperture f/1.8 dilengkapi Dual LED flash, AI + kamera QVGA AI camera
  • Kamera depan 32 megapiksel lensa aperture f/2.0 fixed focus, sensor BSI CMOS, Dual LED Flash
  • Layar sentuh 6,6 inci 2.5D, dengan resolusi HD+ 1612 x 720 pixels, kerapatan 267 ppi (pixel per inch), 500 nits, refresh rate 90Hz, 16 juta warna, panel IPS LCD
  • Memori RAM 8GB, ROM 256GB eMMC 5.1 dilengkapi slot microSD maksimal 2TB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, USB OTG, fingerprint sensor (side mounted), NFC
  • Speaker stereo dengan DTS Audio
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 163.7 x 75.6 x 8.5 mm dengan berat 185 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable, fast charge 18W
  • Warna Gravity Black, Cyber White, dan Magic Skin
Anda mungkin suka:Review Infinix Hot 40i, Fitur Lengkap dengan Desain Menarik
0

Posting Komentar