eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Ini Kisah 20 Tahun Perjalanan MSI Berkiprah di Pasar PC dan Laptop

Ini Kisah 20 Tahun Perjalanan MSI Berkiprah di Pasar PC dan Laptop -  Micro Star International atau MSI pertama kali didirikan pada tahun 1986. perjalanan ini menjadi bukti kendalan dan kemampuan mereka yang kuat dalam beradaptasi. Dimulai dari motherboard dan kartu grafis, yang mereka buat dengan kecakapan teknis hingga mendapat pengakuan di industri. 

Dengan potensi besar yang datang dari industri komputer hingga mendorong mereka untuk berekspansi ke industri notebook dan sistem. Di tahun 2004, MSI meluncurkan laptop pertama mereka, M510C, yang menandai awal perjalanan mereka dalam pengembangan laptop. 

Ini Kisah 20 Tahun Perjalanan MSI Berkiprah di Pasar PC dan Laptop
Derek Chen, Vice President of Global Business and Marketing di Unit Bisnis Laptop MSI


Namun, jalannya tidak selalu mulus. Pada tahun 2009, MSI memprediksi bahwa laptop portabel dan ringan akan mendominasi pasar. Hal inilah yang menuntun keberhasilan mereka dalam mengembangkan laptop X340, laptop tertipis di pasaran saat itu. Namun, pesatnya kehadiran smartphone dan tablet secara dramatis mengubah kebiasaan konsumen, yang menghadirkan tantangan berat bagi MSI. Tetapi dengan pertahanan dan tekad kuat, MSI melakukan perubahan strategi yang menentukan masa depan perusahaan. 

Pada akhirnya, rintangan seringkali membawa peluang baru. Kesulitan ini mendorong MSI untuk memikirkan kembali apa yang sebenarnya diinginkan oleh konsumen. Eric mengingat bahwa di saat itu, game World of Warcraft sangatlah populer. Saat mengunjungi LAN party di luar negeri, mereka melihat para gamer membawa PC berat ke acara tersebut. Yang benar-benar dibutuhkan oleh para gamer ini adalah komputer yang memiliki performa tinggi dengan bentuk yang lebih ringkas. 

Menyadari potensi dari pasar game, MSI memutuskan untuk beralih dari yang sebelumnya hanya fokus pada persaingan harga menjadi fokus pada pengembangan laptop gaming bernilai tinggi untuk pengguna. Dengan memprioritaskan kebutuhan para gamer, MSI mulai menciptakan produk yang secara sempurna dapat memenuhi kebutuhan para gamer. Strategi ini berhasil membentuk kerajaan laptop MSI, karena pada tahun 2015, laptop gaming mereka telah mencapai pangsa pasar tertinggi di seluruh dunia. 

Derek Chen, selaku Vice President of Global Business and Marketing untuk Unit Bisnis Notebook MSI, turut berbagi pandangannya mengenai perjalanan MSI. Menurutnya, memasuki pasar gaming di area yang tidak dikenal merupakan tantangan besar bagi transformasi internal perusahaan. 

Mereka perlu meyakinkan karyawan bahwa “gaming adalah masa depan.” Untuk mencapai tujuan ini, mereka mengadakan banyak kuliah dan sesi pelatihan untuk mendorong semua orang agar memahami atmosfer gaming dan tren di media sosial. 

Hal ini tentu sangat kontras terhadap penelitian dan pengembangan komputer yang dilakukan secara tradisional. Bahkan, para karyawan mulai melakukan siaran langsung dan berinteraksi dengan para pemain lainnya secara online. 

Proses pembelajaran ini sangat membantu parakaryawan untuk lebih memahami ranah pekerjaan mereka, yang pada akhirnya berdampak positif pada klien dan konsumen. Upaya ini pada akhirnya menanamkan merek MSI dengan kuat di benak semua orang. 

Pada saat merancang dan menciptakan sebuah produk, Derek menegaskan bahwa penelitian mendalam terhadap kebutuhan konsumen dan kelayakan pasar sangat penting untuk dilakukan sebelum meluncurkan produk. Tahap ini membutuhkan waktu yang berbeda, namun saat arah tujuan sudah jelas, MSI dengan berani langsung menangani seluruh proses produksi mulai dari konsep produk, desain software dan hardware, hingga produksi di pabrik mereka sendiri. 

Melalui pendekatan terintegrasi ini membuat MSI dapat beradaptasi dengan cepat terhadap permintaan pasar. Mereka selalu mengedepankan perspektif konsumen, yang tidak dapat disangkal merupakan faktor kunci kesuksesan MSI. 

Source: press release MSI

Anda mungkin suka:Laptop Gaming 18 Inci Spek Dewa, MSI Raider 18HX A14VIG 266ID!
Posting Komentar

Posting Komentar