eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

MediaTek Dimensity 9300+, Usung Peningkatan Performa dan Kemampuan AI

MediaTek Dimensity 9300+, Usung Peningkatan Performa dan Kemampuan AI - Setelah meluncurkan SoC flagship Dimensity 9300 beberapa waktu lalu, kini MediaTek meluncurkan varian yang lebih kencang melalui seri Dimensity 9300+. Dibandingkan generasi sebelumnya, SoC MediaTek Dimensity 9300+ menawarkan peningkatan performa dengan clockspeed yang lebih tinggi dan peningkatan pemrosesan AI, seperti dukungan yang lebih luas untuk LLM.

“Dimensity 9300+ akan membantu kami untuk terus membangun ekosistem yang kaya pada aplikasi AI generatif berkat dukungan LLM yang luas pada cip tersebut serta LoRA Fusion pada perangkat,” ungkap JS Hsu, Corporate Senior Vice President MediaTek. 

MediaTek Dimensity 9300+, Usung Peningkatan Performa dan Kemampuan AI


“Guna meningkatkan pengalaman AI ini, Dimensity 9300+ menawarkan kinerja dan penyempurnaan yang mengesankan untuk mempercepat inferensi LLM, sehingga menjalankan token jauh lebih cepat untuk pengalaman pelanggan yang lebih baik.”

Peningkatan Performa CPU dan GPU

Sama seperti pendahulunya, SoC MediaTek Dimensity 9300+ mengusung prosesor octa-core dengan konfigurasi all-big-core yang menawarkan performa lebih powerful berkat dukungan clockspeed yang lebih tinggi. Prosesor octa-core di Dimensity 9300+ terdiri dari single-core ARM Cortex-X4 3,4Ghz, triple-core ARM Cortex-X4 2,85GHz, dan quad-core ARM Cortex-A720 2GHz.

Sedangkan untuk grafis atau GPU (Graphics Processing Unit), SoC MediaTek Dimensity 9300+ masih menggunakan GPU ARM Immortalis-G720 yang menawarkan peningkatan performa 10% lebih kencang dari pendahulunya. Selain itu, GPU ini juga memberikan pengalaman raytracing yang cepat bagi para gamer pada kualitas 60 FPS yang mulus, dilengkapi dengan efek pencahayaan global standar konsol.

Guna menunjang pengalaman bermain game, MediaTek Dimensity 9300+ diperkuat teknologi HyperEngine terbaru dan MediaTek Adaptive Gaming Technology (MAGT). Kedua fitur ini  menawarkan peningkatan efisiensi daya ketika diaktifkan pada game populer, membantu memperpanjang masa pakai baterai dan menjaga perangkat tetap dingin. 

Baca juga:Review Poco X6 5G: Performa Kencang, Layar Terbaik di Kelasnya

Berdasarkan informasi yang Laptophia terima, Dimensity 9300+ mengintegrasikan Network Observation System (NOS) baru dari HyperEngine untuk meningkatkan konkurensi jaringan ganda WiFi/Seluler dan memanfaatkan teknologi prediksi jaringan yang tepat. Bila diaktifkan, MediaTek NOS menawarkan penghematan daya hingga 10% dan penghematan data seluler hingga 25%.

Sektor fotografi dan pengolahan gambar, MediaTek Dimensity 9300+ ini cukup andal dengan dukungan ISP Imagiq 990 yang menghadirkan pemrosesan RAW 18-bit, Dimensity 9300+ memungkinkan pengguna mengambil foto dan video berkualitas, bahkan saat kondisi low-light. 

ISP Imagiq 990 yang digunakan Dimensity 9300+ ini memiliki mesin video analisis semantik AI bawaan untuk mendukung fitur videografi AI tingkat lanjut termasuk segmentasi 16 adegan dengan pengambilan video real-time. SoC canggih ini juga dilengkapi MediaTek MiraVision 990 yang memiliki teknologi AI depth engine yang canggih untuk menyempurnakan konten ponsel pintar.

MediaTek Dimensity 9300+, Usung Peningkatan Performa dan Kemampuan AI


Peningkatan Pemrosesan AI

Salah satu keunggulan MediaTek Dimensity 9300+ ini adalah menawarkan peningkatan pemrosesan AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan. SoC ini dibekali teknologi NeuroPilot Speculative Decode Acceleration baru dari MediaTek dalam mesin AI generatif terbarunya. Mesin APU 790 AI yang kuat memungkinkan Dimensity 9300+ tidak hanya mendukung LLM dengan parameter 1B, 7B, dan 13B, dengan skalabilitas hingga 33B, namun juga menjalankan LLM dengan cepat dan efisien. 

Berkat dukungan teknologi NeuroPilot Speculative Decode Acceleration, SoC Dimensity 9300+ dapat menjalankan LLM dengan tujuh miliar parameter dengan 22 token per detik, lebih dari dua kali lipat kecepatan solusi di pasaran lainnya yang kompetitif. Kemampuan AI di Dimensity 9300+ ini juga menawarkan:

  • Dukungan untuk LoRA Fusion dan NeuroPilot LoRA Fusion 2.0 pada perangkat sehingga pengembang dapat dengan cepat memasarkan aplikasi AI generatif baru dengan teks, gambar, musik, dan banyak lagi.
  • Dukungan untuk LLM terbaru termasuk 01.AI Yi-Nano, Alibaba Cloud Qwen, Baichuan AI, ERNIE-3.5-SE, Google Gemini Nano, dan Meta Llama 2 dan Llama 3.
  • Delegasi solusi ExecuTorch untuk ekosistem yang menerapkan inferensi pada perangkat.

Sedangkan sisi konektivitas, MediaTek Dimensity 9300+ ini dilengkapi modem 5G R16 yang dirancang dengan teknologi AI situational awareness atau teknologi AI terkait kesadaran situasional. Modem ini mendukung 4CC-CA Sub-6GHz dengan downlink hingga 7Gbps.

Source: MediaTek, Press release

Anda mungkin suka:Harga dan Spesifikasi Poco X6 Pro 5G di Indonesia, Bertenaga MediaTek Dimensity 8300 Ultra
Posting Komentar

Posting Komentar